Kamis, 12 September 2013

Making Fruit Rolls

Saya memberanikan diri mencoba resep baru yaitu Fruit Rolls atau juga disebut Fruit Leathers. Menurutku kedua nama ini ada benarnya dikatakan roll karena bentuknya yang digulung, dikatakan leather karena tampilannya yang mirip kulit dan lentur.

recipe_book_dehydrator_guide
Resep didapat dari buku panduan Excalibur Dehydrator
Karena kandungan gula  yang cukup tinggi pada buah, membuatnya tidak bisa menjadi crunchy seperti krupuk. Dan supaya awet satu-satunya tempat penyimpanan yang cocok adalah di freezer.

fruit_rolls_ready_to_serve

Ketika dikeluarkan dari tempat beku, justru hasilnya menjadi crunchy, lagi-lagi karena kandungan gula yang membeku. Rasanya? Ok banget deh :)!

Dari tadi ngomong jadi lupa beritahukan cara pembuatannya. Sangat sederhana. Buat puree dari campuran buah, kemudian diratakan di atas kertas Paraflexx, keringkan hingga maksimal, digulung, kemudian simpan di freezer.

Oh ya di resep ini saya menggunakan apel Washington, pisang raja, sari jeruk nipis, dan kurma. Jadi rasanya asam dan manis mmm... yummy!

Berikut saya akan mencoba membuat camilan lain (snack) dari buku ini. Tentu saja bahannya sedikit dimodifikasi dan yang pasti mudah ditemui di Luwuk :) .