Rabu, 28 Agustus 2013

Berkunjung Ke Fort Rotterdam

Kunjungan berikut adalah ke Fort Rotterdam, yang juga dikenal dengan nama Benteng Ujung Pandang Saya harus akui inilah tempat wisata yang paling dinikmati oleh anak-anakku, terutama karena letaknya di dalam kota sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk sampai di tujuan.

Fort_Rotterdam_front_gate
Berfoto di depan Fort Rotterdam
Meski saya lahir dan besar di Makassar, baru kali ini saya memasuki benteng ini sebagai turis. Kok bisa?
Begitu salah satu anakku bertanya. "Karena dulu ketika Mama masih kecil tempat ini sangat kumuh sehingga tidak menarik dikunjungi. Dan juga sekolah Mama tidak pernah ajak anak sekolah karyawisata (tour field) ke sini" Anakku mengangguk-angguk tanda mengerti.

Jika mengenang masa lalu kondisi benteng ini tidak sebagus sekarang. Setelah pemerintah daerah melakukan renovasi, tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di kota Makassar, dan itu berarti mendapat pemasukan dari pengunjung untuk membiayai perawatan tempat ini.

Saya sangat bersyukur untuk hal itu, karena sekarang benteng ini tidak cuma dikenal dengan patung Sultan Hasanuddin di atas kuda sebagai ikon tempat ini. Benteng ini menjadi bukti bagi generasi mendatang tentang keberadaan bangsa Belanda yang menduduki kota Makassar. Bahwa tempat ini juga pernah menjadi "rumah" bagi Pangeran Diponegoro hingga beliau menghembuskan nafas terakhir dan di makamkan di kota Makassar.

Chamber_of _pangeran_diponegoro
Ruang tahanan Pangeran Diponegoro
Dengan menceritakan banyak hal yang berkaitan tempat ini kepada anakku, mendadak pelajaran Sejarah seolah melompat keluar dari buku dan berada di depan mata, membuat anakku menjadi sangat bersemangat menjelajahi setiap detil benteng ini. Namun sayang ketika kami datang, banyak ruang termasuk museum La Galigo tutup. Jadi kami hanya bisa menikmati apa saja yang tersedia bagi kami.

Seperti inilah anak-anakku menjelajahi "isi" Fort Rotterdam; sangat lucu, penuh rasa ingin tahu, dan khas anak-anak :).

Curious_girl_at_fort_Rotterdam
Untuk apa lubang ini
Peeping_a _room_in_fort_rotterdam
Mengintip salah satu ruangan yang ada di Fort Rotterdam
In_front_of_closed_museum_La_Galigo
Museum La Galigo tampak dari luar.
Children_enjoy_exploring_inside_Fort_Rotterdam
Bersama mengeksplorasi Fort Rotterdam
Saya kagum dengan penataan taman yang apik di dalam benteng, terlihat serasi dengan situs sejarah ini. Tidak heran tempat ini menjadi lokasi favorit untuk pemotretan pre wedding, begitu menurut sebuah artikel majalah yang pernah saya baca ketika di pesawat terbang. Menurutku ini cara yang bagus untuk mempromosikan situs sejarah ini.

Beautiful_garden_inside_fort_rotterdam
Penataan taman yang rapi di dalam benteng
Tampak bagian dalam Fort Rotterdam dengan arsitektur asli dari jaman Belanda.

Fort_Rotterdam_inside

Ketika melihat kanal ini langsung membuatku berpikir tentang fungsinya, apakah sebagai taktik pertahanan kalau benteng ini diserang, atau 'sekedar' meniru negeri Belanda. Sayangnya tidak ada orang yang bisa ditanyai tentang hal ini. PS: Negeri Belanda dikenal dengan 1000 kanal karena daratannya lebih rendah daripada permukaan laut.

Canal_inside_Fort_Rotterdam
Apa ya fungsi kanal ini???
Foto dan catatan kuno tentang pembangunan Fort Rotterdam.

old_picture_about_the_construction_of_Fort_Rotterdam
Foto ketika pembangunan benteng ini


Old_script_of_brief_history_of_Fort_Rotterdam
Fort Rotterdam dulu dikenal dengan nama Benteng Ujung Pandang
Bagaimana kabar si kecil Hadi? Oh Hadi such a sweet boy. Saya merasa dia pun menikmati tempat ini seperti kedua kakaknya:) .
Hadi_walked_in_the_Fort_Rotterdam
Si kecil Hadi juga menikmati tempat ini
Berikut adalah beberapa foto diriku yang tampak dari belakang. Foto ini diambil oleh anak sulungku, yang menurutku sangat unik dan tidak biasa. Saya menghargai 'seleranya' plus saya tidak pernah melihat diriku dari belakang, so these pictures gave me another perspective (from behind) about myself :)





Kami sangat menikmati tempat ini, semoga liburan berikut selalu diisi dengan mengunjungi tempat bersejarah yang akan menambah wawasan anak-anakku. Entah mengapa hari itu saya menjadi orang tua terbaik sedunia :P