Kamis, 11 Juli 2013

Smoothie With Mangosteen Rind

Pertama kali saya memberanikan diri mencicipi jus kulit manggis setelah menyaksikan acara di TV yang membahas segala manfaat kulit manggis. Di acara itu sang host memperagakan cara menyiapkan jus kulit manggis (dalam bahasa Inggris: Mangosteen rind).

Mula-mula satu biji buah manggis (Garcinia mangostana L) dicuci bersih. Isi buah dan kulit manggis yang dipotong-potong dimasukkan ke dalam wadah blender, diberi air secukupnya kemudian diblender hingga semuanya hancur, kemudian siap diminum.

Mimik wajah sang host menjadi fokus perhatianku, terlihat sangat jujur menggambarkan pahitnya jus kulit manggis itu. Dan memang seperti itulah yang saya rasakan ketika mencobanya sendiri.

Perlu waktu berbulan-bulan sejak pertama kali mencicipinya, untuk mencari cara bagaimana supaya jus kulit manggis terasa enak dan "layak" dikonsumsi. Terus terang saya menjadi kapok mencicipi jus kulit manggis lagi :-(

Kemudian saya berpikir bagaimana caranya saya menaklukan rasa kulit manggis yang pahit, apakah bisa "ditaklukkan" dengan cara yang sama dengan Paria? Well saya tidak akan tahu jika tidak pernah mencobanya kan?

Waktu untuk bereksperimen tiba ketika musim manggis sedang berlangsung di Luwuk. Kami mendapat sangat banyak kiriman manggis dari pulau seberang. Isinya dimakan, kulitnya dikumpulkan, dicuci, dan dikeringkan dengan Excalibur Dehydrator. Hingga musim manggis berakhir, berakhir pulalah pengumpulan kulit manggis.

Langkah selanjutnya adalah membuat kulit manggis menjadi bubuk.

Kulit manggis sebelum dikeringkan sebaiknya dipotong kecil-kecil, untuk meringankan kerja mesin dry mill ketika menggilingnya nanti menjadi bubuk.

Mangosteen_rind_chop_in_chunks
Kulit manggis dipotong kecil sebelum dikeringkan dengan Excalibur Dehydrator
Inilah kulit manggis dalam bentuk bubuk, siap untuk tahap berikutnya. Yaitu dicampur dengan bubuk timun. Saya memilih timun karena rasanya yang tawar, saya yakin bisa menetralkan atau at least mengurangi pahitnya kulit manggis.

Mangosteen_rind_powder
Kulit manggis sesudah digiling menjadi bubuk
Ketika saya siap meramunya menjadi green smoothie, saya deg-degan dan berdoa semoga saya sanggup menghabiskannya kalau seandainya rasa smoothie kulit manggis tidak tertaklukkan seperti saya berhasil menaklukkan Paria.

Mangosteen_rind_smoothie_with_other_ingredients
Membuat smoothie kulit manggis ditambah pisang, apel, dan kurma.
Dan ....ternyata rasanya ENAAA....K!!! Thank God :D

Mangosteen_rind_smoothie_ready_to_serve
Smoothie dengan kulit manggis ternyata enak, tidak pahit lho :)
Whew... saya lega sudah berhasil menaklukkan kulit manggis. Eksperimen yang saya lakukan murni dengan pengetahuan tentang memadu-padankan rasa yang saya pelajari ketika mulai mengkonsumsi green smoothie sejak 2010.

Setelah percaya diri mengkonsumsi smoothie kulit manggis, hal berikut yang harus saya lakukan adalah mencari segala informasi mengenai khasiat kulit manggis dan berapa dosis aman untuk dikonsumsi secara rutin. That would be another blogpost.

Mangosteen_rind_powder_in_the_airtight_container
Kulit manggis bubuk disimpan dalam wadah kedap udara

Other Source / Sumber lain tentang manfaat kulit manggis:
Mangosteen.com
Scirus.com