Minggu, 07 Juli 2013

My Versatile Table


Di rumah kami kedatangan sebuah meja baru. Meja ini sangat lama pengerjaannya hingga saya hampir lupa pernah memesannya.

Alasan utama pengerjaannya butuh waktu lama karena bahan utama meja ini berasal potongan-potongan kayu sisa dari masa ketika membangun rumah kami dulu, yang sayang terbuang karena memiliki urat kayu yang cantik, yang juga sayang jika menjadi kayu api karena merupakan jenis kayu yang bagus.

Jadi secara keseluruhan meja ini bagian atas terdiri dari potongan-potongan kayu, hanya bagian kaki yang merupakan kayu utuh.

Satu per satu potongan kayu itu disambung dengan lem kayu hingga menjadi meja berukuran 80 cm x 160 cm. Untuk supaya kering sempurna harus dipres (hingga dua tahun????) untuk memastikan sambungan sangat rapat.

Alasan kedua yang membuat meja ini sangat lama proses pengerjaannya adalah IDE-ku untuk membuat meja ini bisa memiliki beberapa ketinggian sesuai kebutuhan, juga bisa dilipat dan disandarkan di dinding gudang jika tidak digunakan.

Versatile_table_folded_on_the_floor
Mula-mula posisi terlipat di lantai
Versatile_table_at_40_cm_height
Bisa dibuka dengan ketinggian 40 cm
Versatile_table_at_50_cm_height
50 cm
Versatile_table_at_70_cm_height
70 cm
Versatile_table_at_80_cm_height
Hingga mencapai ketinggian 80 cm
Versatile_table_lean_on_the_wall
Jika tidak dipakai bisa dilipat dan disandarkan ke dinding
Jadi intinya mengambil ide dari meja setrika. Ide dari meja setrika ketika diaplikasikan pada media kayu yang berat harus ekstra teliti, untuk menghasilkan produk yang sesuai keinginanku; aman, nyaman, dan juga tahan lama. Saya benar-benar salut pada tukang kayu itu, yang berani mencoba dan tidak menolak ide gilaku :D

Versatile_table_imitating_ironing_table_idea
Meniru ide dari meja setrika
Meja ini sekarang menjadi favorit di rumahku. Dengan ketinggian  40 cm kami bisa menggunakannya untuk lesehan ala orang Jepang dan Korea :D Sangat nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan santai keluarga.

Lihat saja dengan ketinggian 40 cm hanya sampai di perut Hadi :D Berarti tinggi Hadi sekarang sekitar 80-an cm dong :)

Versatile_table_very_convinient
Enak lesehan ala orang Jepang dan Korea
Bahkan saya pun menyukai meja ini. Dengan menempatkannya di dekat jendela, untuk mendapatkan pencahayaan alami saya pun siap beraktifitas.

Versatile_table_as_worksapce
Bekerja nyaman dengan pencahayaan alami
Saya selalu menyukai dan tertarik pada benda dengan design yang unik dan kreatif. Dimulai dengan 'ide gila' dan dibantu oleh tukang kayu yang optimis dan juga kreatif maka jadilah meja dari kayu daur ulang ini :)