Minggu, 14 Juli 2013

I Love Widbook

Saya menemukan sebuah social media khusus untuk para pecinta buku; Widbook. Sangat cocok karena saya pecinta buku dan senang membaca sejak masih kecil :)

Finally saya menemukan tempat untuk menyalurkan hobi membaca, yang sudah lama ditinggalkan sejak menikah yey .... :D
I_love_widbook
Saya membuat gambar ini sebagai bentuk apresiasi terhadap Widbook

Jika sewaktu kecil buku yang saya dapatkan biasanya dibeli dengan menyisihkan uang jajan, atau dengan menyewa buku untuk alternatif yang lebih murah. Jenis buku yang saya baca adalah komik, dan saya juga membaca novel percintaan setelah beranjak dewasa.

Saya masih ingat buku cerita favoritku antara lain; Petualangan Lima Sekawan, komik Donald Bebek,  Nina, Mr Q, komik Jepang Candy Candy, Ming ming, Topeng kaca, dan yang paling banyak saya koleksi adalah buku karya Enid Blyton.

Setelah menemukan Widbook saya punya pilihan bacaan yang lebih luas. Di widbook kita diperbolehkan membaca hasil karya orang lain secara gratis dengan  menjadi member dan memberi feedback kepada sang penulis. Dan bisa juga menulis buku kemudian dipublikasikan / diterbitkan di widbook 

Sama seperti social media lainnya, di widbook kita bersosialisasi dengan sesama pecinta buku, bahkan bisa berkolaborasi / kerja sama menulis buku. Syukurlah sekarang ada wadah yang lebih bermutu selain Facebook yang selama ini sudah banyak disalahgunakan banyak orang. Mulai dari dijadikan biro jodoh, prostitusi, dll.

Karena sesuai dengan mottonya The Ebook Network A place connecting people to write, read
and share ebooks worldwide.
Bahkan ada sebutan lainnya; The "YouTube" Of Books.

Menurut saya kehadiran Widbook sebagai era baru untuk ebook. Ketika buku tidak lagi harus berbentuk fisk yang berarti harus ada penebangan pohon untuk bahan baku kertas.

Atau bahkan era baru untuk self publish? Karena para penulis tidak lagi bergantung penerbit untuk menerbitkan dan mempublikasikan karyanya. Tetapi mengenai self publishing masih butuh waktu panjang karena masih banyak pro dan kontra tentang hal ini.

Mudah-mudahan dari widbook akan muncul Stephanie Meyer dan J.K. Rawling yang baru. Yang saya harapkan ada penulis yang bisa menulis tentang sebuah karakter yang bisa menjadi teladan bagi semua orang. Karena saya percaya dengan membaca kita bisa memperluas wawasan dan membentuk karakter seseorang. Kepribadian dan karakterku sebagian dibentuk dari kebiasaan membaca sejak kecil.

Saat ini saya sedang menyelesaikan membaca sebuah buku bagus The Handsome Ones. Bahkan ada seorang penulis Indonesia bernama Octa NH yang saya temukan dengan bukunya; Geek In High Heels, mungkin akan masuk dalam daftar bacaan berikutnya :)

Sumber lain / Other Source:
J.K. Rawling
Stephanie Meyer
Widbook
Mashable
Life After College about Neil Gaiman
Lulu