Jumat, 05 Juli 2013

Cara Memanfaatkan Jeruk Nipis

Seorang teman keheranan ketika melihat saya memborong banyak Jeruk nipis. "Apa tidak takut busuk, atau kering di kulkas?" begitu katanya. "Ya nggak dong!" jawabku. "Tetapi kenapa beli banyak sekali, apa kamu sekarang jualan Coto?" (Coto Makassar, karena saya asal Makassar :D), saya merasa geli di hati mendengar pertanyannya.

Lime_juice_advantages
Jeruk nipis banyak manfastnya
Temanku ini nggak tau aja cara menyimpan jeruk nipis supaya tidak membusuk atau kering percuma. Cara yang saya ketahui dan terbukti efisien adalah jeruk nipis diperas dan sarinya ditampung dalam wadah-wadah kecil untuk takaran sekali pakai kemudian dibekukan. Sisakan saja beberapa biji di lemari es untuk digunakan dalam masakan Coto atau Soto.

Mungkin banyak orang di luar sana yang seperti temanku ini. Mereka cuma tahu Jeruk nipis cuma digunakan pada masakan. Tetapi selain itu fungsinya banyak sekali terutama untuk kesehatan dan kecantikan.

Saya pun menyadari bahwa masih banyak manfaat jeruk nipis yang belum saya ketahui. Dan posting hari ini khusus tentang cara memanfaatkan sari jeruk nipis sehari-hari ala Blog Yuefang.
Menjadi campuran Fruit / Green Smoothie sebagai sumber antioksidan yang kuat, dan supaya warna dan gizi smoothie bisa dipertahankan.

Mixing_lime_juice_with_smoothie
Dicampur dalam smoothie sebagai antioksidan yang kuat
Dipakai bersama dengan masker Bengkoang sebagai pengencer. Beberapa masalah kulit yang pernah saya alami seperti; jerawat, noda akibat matahari, bisa teratasi dengan cara ini. Tetapi harus bisa menahan pedih di kulit karena sari jeruk nipis juga bekerja sebagai pengelupas alami (exfoliation agent).

mixing_lime_juice_with_bengkoang_mask


Dan campuran hair mask yang diaplikasikan pada rambut. Sari jeruk nipis pada rambut bisa membuat rambut bercahaya.
mixing_lime_juice_with_hair_creambath
Sebagai pengencer hair mask sebelum diaplikasikan diseluruh rambut.
Cara-cara ini sudah saya terapkan sejak masih gadis. Waktu itu saya mencari cara yang aman dan murah untuk mengatasi beberapa problem kecantikan, dan Jeruk nipis banyak menbantu saya. Jerawatku yang di hidung langsung mengecil bahkan kering hanya dengan satu kali maskeran dicampur jeruk nipis :)

Bahkan ada teman yang mengatakan Jeruk nipis pun bisa untuk mengatasi kutu rambut yang membandel. Caranya; tiga sendok makan sari jeruk nipis ditambah satu sendok makan minyak kayu putih (tidak bisa banyak karena minyak kayu putih membuat kulit kepala kering dan terkelupas, fungsinya hanya untuk mengurangi rasa gatal pada kepala) dioleskan di seluruh rambut biarkan hingga 30 menit kemudian dibilas. Lakukan secara rutin setidaknya tiga kali seminggu, niscaya kutu rambut ogah hinggap di kepala.

Bahkan ada lagi yang mengatakan hasilnya akan lebih merata jika cara tadi dicampur dengan krim creambath, dan dioleskan pada seluruh rambut, gangguan kutu rambut akan banyak berkurang. Saya beri beberapa link untuk manfaat sari jeruk nipis selain yang saya ketahui: