Senin, 03 Juni 2013

Veggie Spaghetti With Dried Paprika

Yang selalu saya suka dari Excalibur Dehydrator adalah memungkinkan saya menyimpan atau mengawetkan bahan makanan yang tidak tahan disimpan lama di lemari es. 

Dengan bantuan dehydrator kesayanganku bahan makanan yang dibeli dari Makassar setiap kali berkunjung ke sana seperti paprika, bisa saya nikmati dalam waktu yang lama.

Caranya adalah memotongnya bentuk kotak-kotak kecil sesuai yang saya perlukan, kemudian dikeringkan dengan Excalibur Dehydrator dengan suhu 41 derajat Celcius selama 4-6 jam. Tidak perlu dikeringkan seperti batang kayu, karena akan mengurangi keindahan warnanya. 

Kemudian paprika disimpan dalam plastik ziplock dan tahan disimpan selama berbulan-bulan di lemari beku (freezer). Setiap kali membutuhkan paprika dalam resep, saya akan mengambil secukupnya dan merendamnya dalam air selama 15-20 menit (rehydrate) sebelum digunakan dalam masakan.

Dried_paprika_in_ziplock_bag
Paprika yang dikeringkan.
Seperti hari ini saya menggunakan paprika kering dalam menu Veggie Spaghetti. Bahan-bahannya antara lain: tomat buah, jamur kancing kalengan, tahu, cabai besar yang sudah digiling, proteina, daun oregano botolan, dan tidak lupa paprika kering.

Veggie_spaghetti_ingredients
Ini lho bahan untuk membuat Veggie Spaghetti, tidak lupa paprika kering
Cara membuatnya:
Mula-mula menumis tahu dan proteina, kemudian masukkan jamur kancing, cabai merah giling, dan tomat. Aduk beberapa saat kemudian tambahkan garam, gula, dan penyedap secukupnya, terakhir masukkan paprika kering yang sudah direndam sebelumnya hingga lembut. Kemudian masukkan spaghetti aduk rata. Tambahkan sentuhan terakhir daun oregano sebelum dihidangkan di atas piring.

Inilah hasilnya hmm.... yummy!!! Selamat makan:)

Veggie_spaghetti_ready_to_serve
Hmmmmm.......  nyam... nyam... nyam.... nyam.