Sabtu, 22 Juni 2013

Optimisme Menjelang Kenaikan Harga BBM

Media di Indonesia dalam sebulan ini sedang hangat menberitakan isu kenaikan harga BBM. Bahkan menjadi bahan perdebatan yang seru antara politisi dan para ahli ekonomi. Sedangkan gejolak dalam masyarakat tidak bisa dibendung, terjadi demo di mana-mana menentang kebijakan pemerintahan ini.

Dari pihak politisi yang seolah tampak membela rakyat bersikap kontra terhadap kenaikan harga BBM. Sedangkan dari sisi para ahli ekonomi yang memaparkan fakta dalam angka, mengatakan dengan jelas bahwa kenaikan harga BBM tidak dapat dihindari.

Jika menonton perdebatan mereka di TV seperti nonton pertunjukan Topeng Monyet. Orang yang cerdas bisa menilai dengan jelas pihak yang kontra seperti sedang memoles citranya di depan publik. Padahal menurutku kenaikan harga BBM adalah kebijakan terbaik dibandingkan kebijakan dua harga BBM yang pernah menjadi wacana.

Seberapa hebat pengawasan pemerintah untuk mencegah praktek curang jika kebijakan dua harga BBM benar-benar jadi diterapkan. Padahal dengan para teroris aparat keamanan kita masih sering kecolongan. Weleh.... weleh.... weleh /:)

Cepat atau lambat derita masyarakat bisa terobati akibat kenaikan harga BBM. Asalkan program BLSM (Bantuan Langsung Sementara) benar-benar sampai kepada rakyat yang berhak. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa program pemerintah yang berkelanjutan untuk mensejahterakan rakyat, yang dananya diambil dari subsidi BBM, saya optimis Indonesia akan baik-baik saja :)

Lalu bagaimana pandanganku sebagai rakyat biasa, ibu rumah tangga, dan ....  sebagai blogger mengenai isu ini  tidak lain adalah berusaha OPTIMIS dan mengambil hikmahnya.

Hikmah yang bisa diambil antara lain: dengan kenaikan harga BBM masalah kemacetan dan polusi bisa teratasi sekaligus. Tetapi sebelum itu terjadi pemerintah Indonesia HARUS menyediakan moda transportasi massal yang aman dan nyaman. Dan juga kembali membudayakan kebiasaan bersepeda seperti yang terjadi di beberapa negara maju di Eropa.

Saya cinta negeriku. Saya selalu mendoakan segala yang terbaik untuk Indonesia. Meski dengan kenaikan harga BBM yang secara resmi terjadi sejak Sabtu dini hari, saya sangat berharap kebijakan pemerintah ini benar-benar demi kesejahteraan rakyat.

Hikmah lain yang bisa diambil adalah memacu kreativitas untuk menemukan sumber energi alternatif untuk mengganti bahan bakar fosil yang suatu saat akan habis. Saya sangat berharap hal ini akan segera terwujud O:)

Ngomong-ngomong tentang optimis, kenaikan harga BBM selalu identik dengan kenaikan harga bahan makanan. Hal inilah yang menjadi derita para ibu rumah tangga. Tetapi bagi kami sekeluarga yang menerapkan pola makan vegetarian sejak lama, hal ini tidak terlalu memberatkan anggaran dapur.

Yang penting selalu cermat memilih bahan makanan bergizi dan mengatur menu makanan yang seimbang. Seperti menu kami hari ini, meski sederhana tetapi tetap nikmat. Dengan ditemani sedikit sambal acara makan menjadi meriah.

Vegan_simple_lunch_menu
Kenaikan harga BBM bukan berarti kiamat!
Supaya bisa tetap optimis, perut juga harus ingat diisi :D Selamat Makan!!!