Rabu, 22 Mei 2013

The Love At The Dolphin Bay

Tidak cukup diungkapkan dengan kata-kata betapa saya sangat menyukai serial drama Taiwan ini. Meski sudah sepuluh tahun berlalu sejak serial drama ini ditayangkan di Indonesia, saya masih belum bisa melupakan jalan ceritanya yang so...  romantic, belum lagi theme song "Journey" yang masih terus terngiang-ngiang di telingaku hingga kini.

Bahkan lagu ini tetap bertahan sebagai lagu "wajib" yang menemaniku ketika bekerja dengan komputer. Mungkin karena liriknya yang bermakna spiritual dan jika didengarkan dengan seksama kita akan menyadari bahwa lagu ini ditujukan kepada Yesus, sehingga meski setiap saat muncul lagu baru, atau trend berganti, lagu ini tetap bertahan di hatiku.  

Dan baru satu minggu lalu saya memutuskan untuk menonton lagi serial drama ini. Perbedaannya kalau sepuluh tahun lalu saya menontonnya dengan VCD player, sekarang saya menikmatinya dengan Samsung Galaxy Tab.

The_Love_at_the_dolphin_bay_watch_on_samsung_tablet
Adegan favoritku ketika Yi Tian Bian bertemu Xu Zhe Ya di rumah perahu
Dengan begitu saya tidak mengganggu kenyamanan orang lain dengan obsesiku. Harap maklum TV di rumah cuma satu :D

Terus terang saya sangat pemilih dalam hal menonton serial drama. Yang terlalu cengeng, atau alur cerita kurang bermutu dan berbelit-belit pasti tidak akan saya lirik. Meski yang berperan di dalamnya adalah cowok ganteng atau cewek cantik yang sedang populer pada saat itu.

Tetapi berbeda dengan serial The Love At The Dolphin Bay, mengingatkan manisnya cinta pertama, pentingnya menepati janji, dan pesan moral untuk mengikuti hati nurani meski itu berarti harus berkorban. Dan satu lagi: selalu percaya pada Tuhan, yang selalu ditunjukkan oleh Yi Tian Bian (diperankan oleh Angela Zhang) dalam adegan ketika berdoa dengan tulus.

Itulah mengapa lagu "Journey" sangat berkesan di hati banyak orang, dan cocok dijadikan theme song dalam serial ini. Mengingatkan bahwa kehidupan manusia ibarat sebuah perjalanan panjang, penuh liku hingga kita menemukan jalan untuk pulang ke rumah yang sebenarnya (di sisi Tuhan), ....till I find my way home to you. Kutipan favoritku dari serial ini adalah 只 要 相 信, 期 待 才 會 成 真 (Just believe, waiting becomes true)

Ada beberapa adegan Yi Tian Bian dan Xu Zhe Ya yang tampak malu ketika tangan mereka bersentuhan secara tidak sengaja, atau berada dalam jarak yang dekat satu sama lain. Mengingatkan saya dengan komik Jepang yang romantis dengan ilustrasi kartun yang imut dan lucu, yang sering saya baca ketika masih remaja.

Maybe I'm kinda romantic girl :P sebab saya bisa merasakan hal yang sama ketika menonton adegan itu.

Tetapi bagaimanapun bagusnya serial drama ini, saya menemukan hal yang tidak sinkron yaitu penampilan Yi Tian Bian yang tampil seperti gadis remaja, sedangkan Xu Zhe Ya tampil sangat dewasa. Padahal di awal cerita kedua karakter ini usianya sebaya dengan rentang perbedaan usia dua hingga empat tahun.

Dan karena ini adalah serial drama yang jadul, jadi kita masih bisa melihat gadget terkini yang digunakan pada saat itu berupa handphone yang masih hitam putih. Tapi satu hal yang masih sama hingga sekarang adalah sinetron digunakan sebagai ajang promosi berbagai produk.

Contohnya adalah handphone dengan merk tertentu yang digunakan oleh para pemerannya. Anggur merah "Beringer 96" yang diminum pada adegan tertentu, dll. Mungkin anda bisa temukan lebih banyak lagi jika memperhatikan dengan seksama.

Ternyata bukan cuma saya satu-satunya yang masih terinspirasi oleh serial drama ini. Saya menemukan video di Youtube seseorang yang memainkan lagu 遺 失 的 美 好 (Lost Of Happiness) yang juga merupakan theme song serial drama ini. Alasannya adalah karena lagu ini sudah lama menginspirasinya tanpa tahu judulnya, sehingga dia menuangkannya dalam permainan piano solo.



Di bawah ini adalah clip video karaoke 遺 失 的 美 好 yang dinyanyikan langsung oleh  Angela Zhang



Jika kamu mengetik kata kunci "Journey Angela Zhang" atau Yi She De Mei Hao, atau The Love At The Dolphin Bay di situs YouTube, maka kamu akan mengerti yang saya maksud dengan ....masih terinspirasi hingga saat ini.

Dan jika ada yang penasaran dan ingin menonton serial drama ini silahkan ke Facebook fanpage disini. Mereka punya koleksi video yang lengkap dari episode awal hingga akhir. Mungkin anda pun akan sependapat dan berkata: I love this drama, and it's worth to watch!

Sumber/Source:
A Promise Of Love, At the Dolphin Bay