Minggu, 26 Mei 2013

Tempe Pedas Tumis Pete

Mengolah tempe sebenarnya tidak sulit. Hanya saja saya sering merasa terganggu dengan bau khas dari tempe. Untuk mudahnya cukup tempe digoreng maka bau itupun lenyap.

Tetapi saya menyadari bahwa kandungan Tempe yang berharga (vitamin B12 dan enzym) akan hilang oleh panasnya minyak. Jadi saya harus mencari cara untuk menyiasatinya. Mungkin bisa dilakukan dengan menggorengnya tidak lebih dari 30 detik dengan suhu minyak sedang alias tidak sampai berasap.

Cara ini memang bisa menghilangkan bau khasnya, tetapi enzym pasti rusak oleh panasnya minyak. So think.... think....  think!

Dan akhirnya saya menemukan bahwa bau Tempe yang khas (saya tidak tahu harus menyebutnya bagaimana, akan berbeda bagi tiap orang dan daerah) bisa ditekan dengan menggunakan terasi atau belimbing wuluh (biasa disebut belimbing sayur).

Dan hore....!!!! saya punya ide untuk menu hari ini. Kebetulan ada simpanan Pete (smelling green nuts) yang dibekukan, saya rasa cocok dipasangkan dengan tempe. 

Bahan-bahannya sangat sederhana; tomat, pete, tempe, cabai sesuai selera yang sudah dihaluskan, dan terasi (vegetarian) secukupnya, garam, gula, kecap manis, penyedap secukupnya (optional)

Tempe_pedas_tumis_pete_ingredient
Bahan : tomat,tempe, dan pete
Saya memutuskan tidak akan menggoreng Tempe, jadi saya cukup memotongnya kotak kecil dan memasukkannya pada tahap akhir.

Mula-mula saya menumis terasi dan cabai dengan minyak panas, masukkan Pete, garam, gula, kecap manis,  penyedap, dan sedikit air, setelah tercampur rata tomat dimasukkan. Setelah diaduk sebentar, api dimatikan kemudian  tempe dimasukkan. Aduk hingga rata, kemudian gunakan tutup wajan untuk menutup masakan  hingga beberapa saat.

Tempe_pedas_tumis_pete_ready_to_serve
Tempe Pedas Tumis Pete siap dihidangkan
Saya menghindari masakan menjadi overcooked , jadi timing dan suhu adalah faktor penting. Jadi saya membiarkan tempe menyerap semua cairan dari tomat dan kecap. Dengan cara begini telah memberi rasa pada Tempe sekaligus menekan bau khasnya.

Ketika mencicipi resep ini pertama kali saya mendapati rasa tempe agak tawar, karena saya takut menambahkan banyak garam karena kuatir rasanya sudah asin dari terasi. Jadi ketika praktek berikutnya saya menambahkan lebih banyak garam (hati-hati jangan sampai keasinan!!!!) barulah rasanya lebih pas di lidahku. Dan saya perhatikan suamiku pun tidak mengeluh. Berarti menu hari ini sudah OK :D

Menu hari ini adalah hasil pemikiran yang panjang untuk menghidangkan Tempe mentah menjadi hidangan yang bisa diterima oleh keluargaku. Di hari-hari mendatang saya harus lebih banyak bereksplorasi dengan Tempe, khususnya tempe mentah.

Dengan begitu saya bisa lebih sering berbagi resep Vegetarian yang lezat dan menyehatkan di blog ini. Wish me luck :)