Rabu, 06 Maret 2013

Vegetable Powder With Excalibur Dehydrator

Saya punya ide untuk membuat Green Smothie dari campuran beberapa macam sayuran. Saya akan menggunakan ketimun, paria, dan terong ungu.

Alasan saya mengunakan kombinasi seperti ini adalah untuk menutupi rasa Paria yang super pahit sehingga menjadi (sedikit) tawar oleh ketimun dan terong ungu.

Daripada menggunakan bahan yang masih segar, bisa membuatku tergoda untuk mengurangi si pahit paria. Padahal saya sudah berjanji pada diriku untuk rajin makan paria.

Saya berencana membuat ketiga kombinasi sayuran ini menjadi bubuk. Nantinya cukup dengan satu sendok takar saya sudah mendapat tiga macam sayuran, yang ditambahkan pada green smoothieku.

Sengaja saya memilih kombinasi ketiga jenis sayuran ini dengan pertimbangan bisa cukup kering untuk dijadikan bubuk. Sekedar catatan tidak semua sayur dan buah yang dikeringkan dengan Excalibur Dehydrator akan menjadi kering dan crunchy seperti krupuk. Saya tahu pasti dari pengalamanku selama menggunakan Excalibur Dehydrator.

Seperti inilah ketiga kombinasi sayur yang akan dikeringkan. Jumlah sayuran saya gunakan; dua buah ketimun, empat buah paria, dan empat buah terong ungu. Ketiga sayuran ini muat dalam dua rak. Tampak ketimun ditumpuk di atas paria, sementara terong ungu menempati rak tersendiri.

fresh_cucumber_eggplant_bitter-gourd_in_excalibur_dehydrator

Seperti inilah hasilnya setelah enam jam dikeringkan dengan suhu 46 derajat celcius.

dried_cucumber_eggplant_bitter-gourd

Seperti inilah hasilnya setelah dijadikan bubuk. Siap ditambahkan dalam green smoothieku.

dried_vegetables_powder

Cara menggunakan bubuk ini sama seperti membuat green Smoothie Paria, hanya saja sekarang Paria sudah berbentuk bubuk. Silahkan baca kembali artikel ini untuk mendapatkan ide.