Sabtu, 30 Maret 2013

Kate And Leopold

Saya sangat menyukai film Kate And Leopold terutama karena memancing imajinasi kita tentang seorang bangsawan Inggris dari tahun 1876 yang tidak sengaja melintasi waktu datang ke abad 21, dan menjalin cinta dengan seorang wanita karir di jaman modern yang sinis dan tidak percaya pada cinta.

Kate_And_Leopold_DVD
 Kate And Leopold film yang memancing untuk berimajinasi
Di film ini Leopold, diperankan Hugh Jackman, adalah bangsawan Inggris yang bergelar Duke of Albany, juga adalah seorang ilmuwan yang menemukan lift (elevator).

Ibaratnya seorang ilmuwan besar seperti Thomas Edison (penemu lampu) datang ke masa depan, dan melihat kehidupan manusia modern yang sangat maju berkat penemuannya. Tapi di film ini sang Bangsawan justru kecewa karena manusia modern meski hidup nyaman dan berkelimpahan, tetapi tidak lagi mengutamakan moral dan integritas.

Banyak adegan romantis dan lucu di film ini yang membuatku tertawa sampai sakit perut :D . Dan saya tidak bisa menahan diri untuk tidak menyukai film ini. Tidak heran karena film ini mendapat banyak pujian dan  Hugh Jackman dinominasikan untuk penghargaan Golden Globe sebagai aktor terbaik di tahun 2001. Pokoknya I love .... love... this movie!

Inilah beberapa adegan lucu dan detil yang menarik perhatianku, seperti pada adegan Leopold menulis surat kepada Kate menggunakan pena bulu.
 Kate_and_Leopold_writing_letter_scene
Dearest Katherine....
Ketika memilih bunga, Leopold mengajari Charles makna dari setiap bunga.
Kate_and_Leopold_choosing_flowers_scene
Every flower has a meaning, Charles!
Leopold memodifikasi pemanggang roti, sehingga tidak perlu menekan dua kali untuk menghasilkan roti bakar yang crunchy, dan bukan sekedar roti hangat.
Kate_and_Leopold_with_modified_toaster_scene
Leopold memodifikasi pemanggang roti.
Leopold mengendarai kuda putih untuk membantu Kate mengejar pencuri! Pada adegan ini Leopold tampak sebagai Pangeran Tampan dengan kuda putihnya seperti dalam cerita dongeng!

Kate_and_Leopold_scene_riding_on_white_horse
Here comes the Prince Charming
Adegan mengendarai kereta kuda sambil menikmati pemandangan kota New York. Saya takjub pada detil di adegan ini, sungguh pas karena berkaitan dengan jaman Leopold berasal, di mana kereta kuda atau kuda adalah alat transportasi yang umum pada saat itu (abad 19).
Kate_and_Leopold_riding_on_horse_carriage_scene
I was born to be a Duke, but  I never felt like one.
Makan malam romantis diiringi dengan alunan biola dan cahaya lilin, juga termasuk kesamaan yang dimiliki di jaman Leopold berasal.
Kate_and_Leopold_arrive_at_rooftop_scene
Candle light dinner at rooftop
Perbincangan santai selama makan malam. Di sini Leopold tampak sangat menawan dan elegan sebagai seorang bangsawan.
Kate_and_Leopold_conversation_at_rooftop_dinner_scene

 Adegan Leopold tidak tahu cara menggunakan telepon.
Kate_and_Leopold_pick_up_the_phone_scene
Hello, are you there?
Salah satu adegan lucu pada film ini ketika Leopold mengutarakan pendapatnya tentang wanita yang mengenakan celana panjang. Ini bisa jadi pelajaran sejarah bahwa beberapa abad yang lalu wanita mengenakan celana panjang sangat tidak lazim.
Kate_and_Leopold_preventing_Kate_enters_scene
Women with trousers are not dangerous, merely plain.
Pada adegan ini Leopold takjub ketika melihat jembatan Brooklyn masih berdiri, yang pada masanya jembatan itu baru diresmikan. Inilah salah satu bagian dari film ini yang tidak akurat yang berkaitan dengan sejarah (historical inaccuracy).
Kate_and_Leopold_see_Brooklyn_bridge_scene
Good Lord, it still stands!!!
Adegan Leopold berdiri ketika Kate meninggalkan meja makan yang membuat Kate terheran-heran. Ternyata kebiasaan seperti ini sudah jarang dipertahankan di abad 21.
Kate_and_Leopold_standing_when_the_lady_leaves_the_table_scene
I was accustom to stand when the lady leaves the table.
Salah satu adegan lucu ketika Leopold tidak tahu cara menggunakan pemanggang roti, sehingga  mengeluarkan asap dan menyebabkan alarm kebakaran berbunyi.
Kate_and_Leopold_toaster_on_fire_scene
Aargh... that thing is a damn hazard!
Satu lagi adegan lucu ketika Leopold didenda oleh seorang polisi wanita karena menolak memungut kotoran anjing. Dan ketika ditanyai namanya, Leopold menyebut nama lengkapnya yang sangat panjang dan membuat sang Polwan kesal :D

Kate_and_Leopold_fined_by_Policewoman_scene
My name is Leopold Alexis Elijah Walker ..... Mountbatten
 Leopold takjub melihat cara kerja toilet :D
Kate_and_Leopold_toilet_scene

Mungkin inilah adegan lucu yang dilakukan dengan mimik serius, ketika Leopold mengkritik masakan Kate. Jika saya menjadi Kate pasti sangat tersinggung:D
Kate_and_Leopold_scene_have_dinner_at_Kate's_apartment
A meal is a result of reflection and study
BTW Saya juga memperhatikan kostum yang dikenakan Leopold, yang banyak memadukan kemeja modern dengan jas luar yang sama ketika time travelling bersama Stuart (diperankan Liev Schreiber). Saya kagum kepada sang sutradara karena mempunyai sense of logic pada hal ini.

Bahwa Leopold meninggalkan rumah hanya dengan baju di badan, tentu butuh untuk berganti pakaian, atau mengambil apa yang ada. Bahkan ada adegan yang memperlihatkan jas dan kemeja dalam yang sudah dicuci dan digantung di teras

Jika tidak percaya coba lihat kembali gambar-gambar yang ada, fokuskan pada kostum yang dikenakan Leopold. Dan anda akan kagum melihat kemeja modern dengan cerdik dipadankan dengan jas kuno :D

Dan saya juga belajar beberapa kosakata baru dari film ini, antara lain Merry Andrew sebuah istilah untuk seseorang yang bertingkah seperti badut. Dan Chaperone diserap dari bahasa Prancis yang berarti seorang yang bertindak sebagai pengawal untuk gadis muda ketika tampil di tempat umum.
Kate_and_Leopold_offer_as_chaperone_scene
I offer you my service as a chaperone for dinner tonight
Meski saya menemukan banyak hal yang tidak akurat berkaitan dengan nama tokoh dan sejarah, dan hal ilmiah tentang time travelling, tetap tidak mengganggu saya menikmati film ini sebagai karya fiksi, atau lebih tepatnya urban fantasy dan tidak mau repot memikirkan fakta sejarah dan hal-hal ilmiah.

Karena banyak film ngaco seperti ini yang beredar, dan saya juga menyukainya, terutama karena saya penggemar film komedi, antara lain Around The World In  80 Days yang dibintangi Jackie Chan. 

Saya mulai mengenal sosok Hugh Jackman setelah menonton beberapa filmnya yang terkenal seperti The X-men (2009 dan beberapa sekuel berikutnya) dan Australia (2008). Film terbarunya yaitu Real Steel (2011) dan Les Miserables (2012) baru akan tayang di HBO di tahun 2013 ini.

Saya menyadari Kate And Leopold adalah film jadul yang dibintangi Hugh Jackman dan Meg Ryan. Penampilan mereka yang sangat bagus pada film ini  menyadarkan saya bahwa kesuksesan seseorang tidak terjadi secara instan. Melainkan dibangun setahap demi setahap, ibarat menyusun daftar riwayat kerja atau istilah kerennya Curriculum Vitae (disingkat CV)

Jika pada film Kate And Leopold Hugh Jackman tampil sangat bagus, maka tidak heran penampilannya juga luar biasa sebagai Wolverine di X-Men. Dan terakhir di tahun 2012 Hugh Jackman mendapat penghargaan Golden Globe kategori aktor terbaik untuk film Les Miserables. Yey.... bravo .... bravo!!!!

So bercermin pada sosok Hugh Jackman sebagai aktor yang luar biasa, saya terinspirasi untuk menyusun CV-ku dari sekarang.

Sumber:
Women wearing trousers history
Hugh Jackman
Wikipedia
IMDB