Sabtu, 02 Maret 2013

Beberapa Ide Menggunakan Excalibur Dehydrator

Posting hari ini saya akan memperlihatkan bagaimana saya menggunakan atau tepatnya mengaplikasikan  Excalibur Dehydrator untuk keperluan di dapur. Posting ini sekaligus menjawab pertanyaan beberapa pembaca Blog Yuefang yang datang melalui e-mail.

Foto di bawah ini memperlihatkan saya sedang mengeringkan biji ketumbar dan kacang hijau. Tujuannya supaya aman dari kutu, dan tentu saja semakin panjang daya penyimpanannya. Sebelumnya biji ketumbar dan kacang hijau disortir, kemudian dicuci hingga bersih, dan terakhir dimasukkan ke mesin dehydrator. Saya lebih suka mengeringkannya semalaman dengan suhu 68 derajat Celcius.

drying_mung_beans_and_coriander_seed_with_excalibur_dehydrator
Mengeringkan kacang hijau dan biji ketumabar supaya bebas kutu
Foto di bawah ini memperlihatkan proses pembuatan jahe bubuk, yang diawali dengan jahe segar diblender hingga menjadi 'bubur' (pulp), kemudian dituang ke dalam nampan yang  sudah dilapisi kertas Paraflexx. Sengaja menggunakan nampan yang agak dalam untuk mencegah bubur jahe tertumpah.

Setelah dikeringkan hingga setengah kering (kurang lebih 3 jam dengan suhu 68 derajat celcius) 'bubur' jahe akan berbentuk mengikuti bentuk nampan. Kemudian kertas Paraflexx diangkat dari nampan dan diletakkan diatas rak untuk proses pengeringan lebih lanjut.

dehydrating_ginger_pulp
Mengeringkan bubur jahe
Seperti inilah 'bubur' jahe yang sudah kering.

dried_ginger_pulp
Bubur jahe sudah kering.
'Bubur' Jahe yang sudah kering kemudian dihancurkan dengan dry mill hingga menjadi bubuk yang halus.

ginger_powder_in_a_jar

Bubuk Jahe siap digunakan untuk masakan atau minuman panas tradisional seperti wedang jahe, sara'ba, atau apa saja yang menggunakan jahe. Praktis dan simpel.

ginger_powder_ready_to_add_in_dishes_and_hot_drinks

Jika ada yang masih penasaran dan ingin saya mengetes sesuatu dengan Excalibur Dehydrator, silahkan menghubungi saya via e-mail. Selama bahannya mudah didapatkan di kota Luwuk sebisa mungkin saya coba.

Saya sendiri sangat ingin bereksplorasi dengan jamur tiram putih, namun sayang tidak tahu sumber untuk mendapatkannya dalam keadaan segar maupun kering. Moga-moga tidak lama lagi segera terwujud.