Selasa, 18 Desember 2012

Strawberry Vegan Smoothie

Cuaca di Luwuk belakangan ini sangat panas dan kering. Meski sekarang ini bulan Desember dan memasuki musim hujan, tampaknya cuaca punya pikiran sendiri. Pada saat seperti ini saya ngidam sesuatu yang dingin, manis, dan sedikit asam.

Saya teringat punya simpanan buah strawberry beku di kulkas. Dan kebetulan sekarang sedang musim buah semangka. Hmm... saya punya ide untuk membuat Strawberry Smoothie but totally vegan. Tentu saja tanpa produk susu (sapi), tetapi rasanya tetap sedap, dan cocok untuk cuaca panas seperti saat ini.

OK, ini dia bahan-bahannya:
  • Strawberry beku kira-kira 30 biji
  • Buah Semangka yang sudah lepas dari kulitnya, dipotong kotak-kotak
  • Pisang raja yang matang, berukuran sedang sebanyak 3-4biji
Oh kamu pasti kaget, dan bertanya kok cuma segitu bahannya, yakin tidak ada yang lain? Yup! Rahasianya adalah pisang raja sebagai pengental sehingga memberi tampilan seperti smoothie, sekaligus sebagai pemanis alami.
Sweet_ripe_banana
Pisang raja memberi tampilan seperti smoothie dan pemanis alami
Jadi saya sangat yakin resep Strawberry Smoothie ini sangat sehat karena tidak menggunakan produk susu sapi dan diberi pemanis dari gula. Sangat aman bagi penderita Diabetes.

Oh ya buah Semangka yang punya kandungan air sangat tinggi, dijadikan sebagai pengencer, sehingga tidak perlu menambahkan air atau cairan lain dari luar.
Caranya gunakan potato masher atau sendok sup atau apa saja untuk memadatkan buah semangka.

potato_masher_and_soup_spoon
Gunakan potato masher atau sendok sup untuk memadatkan buah semangka

Buah Semangka ditekan-tekan hingga padat dan mengeluarkan cairan. Cairan inilah yang akan menggerakkan pisau sekaligus sebagai pengencer, tanpa harus menambahkan cairan dari luar.

watermelon_being_squeezed
Buah Semangka ditekan hingga mengeluarkan sedikit cairan.

Saya menggunakan blender yang berukuran 2 liter, jadi tidak ada takaran khusus untuk masing-masing bahan. Semua bahan yang sudah saya sebutkan bisa ditambah dan dikurangi sesuai selera.

blender_jar_2_litre_capacity
Hasil akhir Strawberry Vegan Smoothie sebanyak 2 liter
OK, cara pembuatannya:
Secara berurutan masukkan Semangka tekan-tekan hingga mengeluarkan cairan, nyalakan mesin,kemudian masukkan pisang raja, dan Strawberry beku. Blend semuanya hingga halus.

Tuang ke gelas, atau bisa juga disimpan di lemari es dalam wadah gelas yang bertutup rapat.

Strawberry_smoothie_vegan_served_in_4_glasses
Hasil akhirnya adalah setara dengan 4 gelas berukuran 400 ml.
Selamat Menikmati!

Strawberry_vegan_smoothie_served
Hmm .... yummy!