Minggu, 02 Desember 2012

Resep Soto Vegetarian

Beberapa pembaca blogku menagih resep Soto Vegetarian kepadaku melalui e-mail dan Facebook. Mereka penasaran ingin tahu resep Sotoku setelah membaca artikel tentang Mie Soto Vegetarian.

Saya benar-benar pelupa! Saya pikir sudah mencantumkan resep Soto di artikel itu, dan ternyata memang belum ada. Untung ada pembaca yang mengingatkan. So posting hari ini saya persembahkan untuk teman-temanku di luar sana.

Inilah bahan-bahan Soto Vegetarian:
  • Ketumbar bubuk
  • Pala bubuk
  • Kunyit segar / bubuk
  • Jahe segar / bubuk
  • Merica bubuk
  • Lengkuas
  • Sereh
  • Daun Jeruk
  • Daun Salam
Sengaja saya tidak cantumkan jumlah bahan yang digunakan, karena volume kuah yang dihasilkan tidak akan sama oleh setiap orang. Saya sarankan sering praktek, hingga mendapat takaran yang pas untuk setiap bumbunya.

Yang perlu diingat adalah ciri khas aroma kuah Soto adalah Pala dan daun jeruk. Sebaiknya gunakan bahan yang segar dengan kualitas yang baik daripada membeli yang sudah jadi dalam bentuk bubuk, karena bisa dipastikan tidak akan mendapatkan aroma yang diinginkan.

Saya mengambil contoh Ketumbar yang dibeli dalam bentuk biji, kemudian dicuci, tiriskan, dan disangrai hingga harum. Setelah dingin lalu digiling hingga menjadi bubuk yang halus. 

Semua bahan kecuali daun Jeruk dan Daun Salam diblender hingga halus. Pastikan tambahkan 3-5 sendok makan minyak goreng, untuk mendapatkan warna kuah Soto yang kental dan beraroma kuat

Kemudian bumbu yang sudah dihaluskan ditumis dengan minyak hingga harum, masukkan bumbu daun, aduk beberapa saat, terakhir tambahkan air sebanyak yang diingnkan.

Tahap ini selesai ketika kuah Soto mendidih beberapa saat. Maka inilah yang saya sebut kuah kosong.

Kuah kosong ini lalu disaring dari bumbu daun dan bumbu yang tidak terblender dengan baik. Hingga mendapatkan kuah Soto yang bersih.

Kuah_Soto_disaring
Kuah Soto disaring dari bumbu daun

Tuang kuah kosong di panci sebanyak yang diinginkan, masukkan bahan isi sesuai selera, seperti; tahu goreng, jamur kuping, dan lain-lain. Kuah dididihkan, tambahkan garam, gula,dan  penyedap rasa sesuai selera.

Kuah Soto Vegetarian siap dihidangkan dengan tauge rebus, irisan daun seledri, dan bawang goreng Vegetarian. Hidangkan dengan sepiring nasi hangat dan perasan jeruk nipis secukupnya. Hmmm...... yummy!

Soto_Vegetarian_dihidangkan_dengan_nasi_hangat
Hmm.... Soto Vegetarian bisa bikin ngiler!
Kuah kosong yang tersisa bisa disimpan di lemari es, untuk dimasak di lain waktu. Baca artikelku untuk mengetahui cara lain menggunakan kuah (Soto) kosong. Atau mungkin kamu punya ide lain menggunakan kuah kosong Soto menjadi jenis hidangan baru. Who knows?:)

Kuah_Soto_Vegetarian
Kuah (Soto) kosong simpan di lemari es untuk digunakan  di lain waktu