Minggu, 02 September 2012

RAW-Stripe Bracelet First Few Rows

Saya punya ide untuk membuat stripe bracelet dengan teknik Right Angle Weave (RAW) dan sekaligus tampak sebagai netting stitch. Tantangannya adalah saya tidak punya referensi sama sekali. Dengan kata lain tidak ada written instruction (pola tertulis) sama sekali, yang ada hanyalah visualisasi dari hasil akhir.

Itu berarti saya harus "siap" melakukan trial and error beberapa kali, sampai mendapatkan pola yang saya idamkan. Melelahkan memang, tetapi ketika mendapatkan pola yang tepat rasanya melegakan. Mungkin di kemudian hari saya bisa mendesign pola sendiri, daripada hanya meniru dari buku atau majalah.

RAW_stripe_bracelet_project_first_few_rows
Hore berhasil membuat polanya.
Setelah berhasil membuat beberapa baris, saya mendapati permukaan gelang tampak tidak rata, rupanya benang terlalu over tension. Tentu saja tampak tidak bagus jika dikenakan nanti. Makanya saya harus rela membongkarnya dan mulai lagi dari awal.

RAW_stripe_bracelet_project_over_tension_thread
Gelang tampak bergelombang karena over tension makanya harus dibongkar.
Kemudian setelah selesai membongkarnya, saya berpikir mungkinkah karena ukuran seed beads yang terlalu kecil 11o? Maka saya mencoba mengganti seed beads yang semula adalah Miyuki 11o White Lined Crystal AB dengan Toho 6o Silver Lined. Dan syukurlah tampak bagus, bahkan lebih bagus.

Lihat gambar di bawah. Bandingkan ketika mengunakan warna seed beads putih, dan ketika sudah diganti dengan yang silver. Apakah kamu juga sependapat dengan saya?
RAW_stripe_bracelet_project_changing_new_seed_beads
Mengganti warna seed beads dari putih ke silver
Ok, Saya harus fokus menyelesaikan project ini sampai pada panjang yang sesuai yaitu 6,2 inci. Target finishing gelang ini adalah 7 inci termasuk closure. Nanti akan saya perlihatkan hasil akhirnya di post berikutnya.