Kamis, 06 September 2012

Green Smoothie Paria

Saya pernah membaca entah di majalah mana, bahwa ekstrak Paria sangat bagus untuk penderita diabetes. Bahkan katanya lebih efektif dan murah dibandingkan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Tapi membayangkan mengkonsumsi Paria yang pahitnya minta ampun itu, rasanya sudah enggan. Susah saya membayangkan Paria masuk dalam green smoothie-ku. Jadi saya pun memikirkan cara supaya bisa mengurangi pahitnya, sekaligus menutupi aroma paria itu sendiri.

So saya menemukan ide yaitu menggunakan bumbu buah yang bisa dibeli di pasar Swalayan. Tambahkan seujung sendok teh di green smoothie. Tentunya Paria juga dicampur dengan buah yang manis seperti pisang raja, pir, apel, atau apa saja yang tersedia di rumah. 

Bumbu_buah_dari_buah_plum
Bumbu buah botolan mudah didapatkan di pasar Swalayan
Rasa asam-asin-manis pada bumbu buah rupanya ampuh mengurangi pahitnya paria. Sedangkan aroma paria bisa tertutupi dengan aroma buah yang lain.

Masih ada cara lain lagi yaitu memakai bahan yang mudah didapatkan di dapur kita. Hayo siapa yang tidak punya jeruk nipis dan garam? Jeruk nipis mungkin nggak semua punya stok di lemari es, tetapi garam semua pasti punya!

Green_Smoothie_Paria_ingredient
Perasan Jeruk nipis dan garam ampuh mengurangi pahitnya Paria
Caranya adalah Jeruk nipis diperas dan tambahkan garam seujung sendok, lalu blender semua bahan hingga halus. Supaya mudah mengingat rumusnya resep ini disingkat menjadi: Paria+Jeruk Nipis+Garam atau Paria+Bumbu buah. Selanjutnya tambahkan buah atau sayuran lain sesuai selera untuk membuat Green Smoothie Paria.

Jadi nggak ada alasan deh takut makan Paria! Kalau masih takut juga, cobalah Paria dengan porsi kecil dahulu kira-kira 1/4 buah ( satu biji buah Paria dibagi empat bagian). Sekarang saya menggunakan setengah buah .

Green_Smoothie_Paria_ready_to_serve
Green Smoothie Paria siap minum
Green Smoothie Paria yang sudah jadi, bisa disimpan dalam wadah bertutup rapat di lemari es supaya awet. Dan harus dihabiskan dalam 24 jam.
Green_Smoothie_Paria_siap_minum_pagi_malam
Green Smoothie Paria untuk pagi dan malam
Saya membayangkan jika para penderita diabetes harus mengkonsumsi obat seumur hidup untuk mengendalikan kadar gulanya di titik aman. Sayapun berpikir dalam hati apakah dengan begini tidak menimbulkan efek samping misalnya pada organ ginjal atau hati? Karena fungsi keduanya adalah menyaring racun dari segala yang masuk ke tubuh termasuk obat-obatan.

Mudah-mudahan dengan resep Green Smoothie Paria bisa membuktikan slogan "Jadikan makanan sebagai obatmu, bukan obat sebagai makanan" bukan sekedar omong kosong. Tinggalkan komentar jika ada pertanyaan atau jika sudah mencoba resep ini ya.

Sumber lain:
Manfaat.org