Selasa, 28 Agustus 2012

Versi Baru Woku Vegetarian

Saya menemukan versi baru Woku Vegetarian yang rasanya benar-benar gurih, dan tentu saja lebih lezat dengan bumbu yang lebih meresap ke dalam bahan tempe. Yup ... tempe sangat cocok menjadi bahan utama, karena aroma sangit Tempe bisa tertutupi bumbu Woku, tetapi tentu saja bisa juga ditambahkan Tahu atau bahan lainnya sesuai selera. Di sini saya menambahkan sayur lilin.

Selain itu saya juga menemukan cara lain untuk memanfaatkan tempe bumbu yang biasanya hanya digoreng, dan dimakan dengan dicocol sambel. Atau dicolo Dabu-Dabu kata orang Luwuk. Hmm.... membayangkannya saja sudah bikin ngiler.

Cara membuat tempe berbumbu adalah tempe mentah yang dipotong sesuai selera, yang di rendam dengan larutan yang diberi bumbu (garam, gula, merica bubuk, sedikit penyedap, sedikit bubuk kunyit, dan air secukupnya tergantung banyaknya Tempe) dan dibiarkan meresap hingga larutan habis. Sambil terus dibolak balik dengan tangan. Kemudian dikeringkan dengan Excalibur Dehydrator hingga benar-benar kering, dan bisa disimpan di lemari es selama beberapa waktu.

Tempe_kering_bahan_Woku_Vegetarian
Menggunakan Tempe bumbu yang sudah dikeringkan sebelumnya

Rahasia supaya bumbu Woku bisa meresap ke dalam Tempe adalah dengan memblender semua bumbunya hingga halus. Dengan cara begini pemakaian bumbu menjadi lebih hemat dan tetap mendapatkan rasa dan aroma yang lebih kuat dibandingkan dengan cara biasa.

Woku_vegetarian_rempah_daun
Dengan rempah daun yang lebih sedikit untuk rasa yang lebih nikmat.
Woku_vegetarian_rempah_daun_diblender
Rempah daun diblender hingga halus
Kemudian Woku dimasak seperti biasa.

Woku_Vegetarian_versi_baru
Versi baru Woku Vegetarian hmm.... yummy!!!

PERINGATAN:
Hati-hati ditanggung pasti ketagihan:) Selamat Makan!!!!