Rabu, 22 Agustus 2012

Terinspirasi Umami Selembar Daun

Saya mendapat pinjaman majalah Trubus edisi Juli 2012 dari seorang teman, ada artikel yang berjudul "Umami Selembar Daun" yang sangat terkesan bagiku. Terutama karena perananku sebagai Ibu Rumah Tangga sekaligus penganut vegan untuk menyiapkan makanan yang lezat sekaligus sehat dan aman dikonsumsi.


Umami dalam bahasa Jepang adalah rasa kelima yang di luar dari empat rasa di lidah yang sudah kita ketahui yaitu; manis, asin, asam, dan pahit. Lebih jelasnya lagi Umami adalah rasa gurih yang timbul pada masakan ketika dibubuhkan bumbu penyedap yang mengandung Asam Glutamat. Jadi silahkan terjemahkan sendiri apa nama rasa kelima itu.

Artikel majalah yang membuatku terkesan.
Sebagai vegan saya juga menggunakan bumbu penyedap yang berasal dari ekstrak jamur untuk mendapatkan rasa Umami ini. Namun karena kuatir dengan efek pemakaian jangka panjang, pemakaiannya selalu saya batasi dan ditakar.

耱_菇 _精_Bumbu_penyedap_Vegetarian
Mo Gu Jing Bumbu penyedap untuk kaum Vegetarian
Saya menggunakan sendok terkecil yang kupunya untuk menakar 1 sendok kecil untuk tumisan, dan 2-3 sendok besar untuk makanan berkuah. Bisa lebih jika membuat porsi yang lebih besar.

Artikel ini memperlihatkan bahwa ada alternatif penyedap yang mudah didapatkan dari alam, bahkan sudah lama dikenal dan digunakan oleh masyarakat pedalaman. Rasa ingin tahu semakin menjadi-jadi, dan mengingatkan saya tentang my other passion selain beading  yaitu herbal.

Dan bahwa saya membeli Excalibur Dehydrator juga karena ingin memperdalam dan mempraktekkan pengetahuanku tentang herbal.

Dengan adanya artikel Trubus ini akan membawa saya untuk meneliti lebih banyak tentang bahan penyedap alami. Dan akan saya sampaikan hasilnya dalam blogpost mendatang.

Baca yuk artikelnya untuk menambah ilmu. Cukup diklik kanan dan buka di tab baru.pada scanned image di bawah ini.

Artikel_Umami_Selembar_Daun_bagian_1

Artikel_Umami_Selembar_Daun_bagian_2

Info Lebih lanjut:
Trubus