Jumat, 08 Juni 2012

Saya terkena Herpes Zoster

Herpes Zoster atau istilah keren dalam bahasa setempat disebut muntah ular atau cacar ular menjadi perhatianku belakangan ini setelah pernah menyiksa saya beberapa minggu lalu.

Tapi syukurlah saya sudah sembuh, Meski saat saya menulis posting ini luka itu belum hilang meski sudah kering. Untung saja cepat ditangani dan kondisiku tidak seheboh yang saya dengar dan yang pernah saya lihat, seperti yang pernah dialami oleh langganan toko kami.

Herpes Zoster_scar_muntah_ular_cacar_ular
Luka akibat Herpes Zoster atau yang biasa disebut muntah ular atau cacar ular
Langganan kami itu seorang Ibu yang menderita luka di beberapa tempat. Waktu itu saya kaget dan bingung karena belum pernah melihat yang seperti itu ketika lukanya diperlihatkan kepada saya.  Ibu itu berkata sampai nggak mau pake baju karena kulitnya terasa sakit.

Hal-hal heboh lain yang pernah saya dengar; orang bisa mati kalau luka itu meluas melingkari badan. Dan katanya tidak bisa diobati oleh dokter (pengobatan  modern) dan cuma bisa disembuhkan dengan sagu (pengobatan orang kampung) yang dioleskan pada luka.

Saya yang menganalisa semua 'kata-kata' orang, dan memutuskan saya akan mengatasinya dengan 'my way'. Pertama; Saya paham betul kondisi tubuhku. Saya merasakan sakit di organ pencernaan, makanya tidak mungkin cuma diatasi dengan sagu. Kalaupun sagu berguna itupun hanya untuk obat luar. Dan saya juga merasakan sakit pada kulit meski cuma bergesekan dengan pakaianku.

Kedua; Kata-kata orang yang saya dengar sebagian terkesan mistis dan mitos. Misalnya cara mengatasi menurut 'mereka' adalah jimat tertentu yang dibakar di dekat luka. Apa nggak ngeri ???

Dokter memberi obat berupa cream, pil Acyclovir, dan vitamin. Karena kata dokter sakit ini disebabkan oleh daya tahan tubuh lemah dan kelelahan. Oh my God, dengan malu saya akui dokter itu benar.

Cream_Zoter_Acyclovir_tablet

Untuk tahu lebih banyak tentang Herpes Zoster silahkan cek di Mirrorcle Health

Sumber / Sources:
Mirrorcle Health