Rabu, 20 Juni 2012

Belajar Wire Knitting

Untuk pertama kalinya saya belajar wire knitting. Saya menemukan sumber yang bagus dari YouTube untuk belajar setahap demi setahap, apalagi untuk pemula seperti saya yang baru belajar pegang knitting needle.


Sampai sekarang saya tidak tahu menterjemahkan dengan benar dalam bahasa Indonesia knitting dan crochet. Jadi untuk penyebutannya sebaiknya tetap dalam bahasa asli. Dan untuk melihat perbedaan alat yang saya gunakan LIHAT GAMBAR di bawah.

Knitting_needle
Knitting needle yang saya gunakan
Crochet_hooks
Crochet hook
crochet_hooks_variation
Crochet hook dari jaman dahulu yang terbuat dari kayu berukir
Jadi sebelum menggunakan wire, terlebih dahulu saya belajar knitting menggunakan benang / tali nilon yang sebenarnya cocok untuk macrame. Saya butuh benang yang besar untuk bisa melihat hasilnya ketika membuat cast on, knit stitchpurl stitch, dan binding off

Saya melihat perbedaan hasil yang signifikan antara knitting dengan knit stitch sepanjang baris yang hasilnya tidak rata, ada bukit dan lembah.

knit_stitch_result
Inilah bentuk knit stitch di sepanjang baris.
Sedangkan knitting dengan knit stitch dan purl stitch secara bergantian hasilnya rata. Saya melihat cara ini cocok untuk diterapkan pada wire nantinya.

kniting_with_knit_and_purl_stitch_result
Bentuk knit stitch dan purl stitch bergantian
Setelah puas bereksplorasi dengan tali nilon, akhirnya saya memberanikan diri knitting dengan menggunakan wire untuk pertama kalinya. Inilah hasilnya:

knitting_with_wire
Hasil wire knitting pertama kali.
Memang hasilnya kurang bagus, saya masih harus belajar supaya hasilnya seragam di sepanjang baris. Ok harus tetap semangat, pantang menyerah!

Sumber:
CrochetSpot
YouTube
Fiori's Home