Kamis, 24 Mei 2012

Talk Show Yang Inspiratif

Akhir-Akhir ini banyak Talk Show (acara bincang-bincang) baru bermunculan di berbagai stasiun televisi nasional. Dan setiap hostnya kemudian menjadi selebriti baru. Atau setiap selebriti baru menjadi host di sebuah Talk Show, mana yang benar?

Sebut saja beberapa talk show baru yang bermunculan, mulai yang sifatnya menghibur seperti Show_Imah (Trans TV), Pas Mantab (Trans 7), Hitam Putih (Trans 7). Hingga yang 'serius' seperti Kick Andy (Metro TV) dan Indonesia Lawyer's Club (TVone).

Tampaknya seorang host memegang peranan penting, terutama jika ditujukan untuk meningkatkan rating sebuah acara di televisi. Jadi tidak mungkin seseorang yang tidak dikenal kemudian menjadi host sebuah Talk Show. Dan jika memang ada, hanya orang-orang tertentu saja yang memang 'berbakat' dan punya latar belakang jurnalistik sebelum menjadi host sebuah Talk Show, sebut saja Oprah Winfrey (Oprah Show), Andy F. Noya (Kick Andy), dan Karni Ilyas (Indonesia Lawyer's Club).

Oprah_Winfrey_Whitney_Houston
Oprah Winfrey  interview terakhir bersama Whitney Houston
Andy_Noya_Host_Kick_Andy_Show
Andy F. Noya
Karni_Ilyas_bang_One_Jakarta_Lawyer's_Club
Karni Ilyas juga dikenal sebagai Bang One
Yang terpenting bagi saya sebuah Talk Show haruslah bermutu dan syukur-syukur menginspirasi dan menambah wawasan para penonton yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebagai Blogger, inspirasi yang saya dapatkan dari kemunculan berbagai Talk Show baru adalah:
  • Berani tampil beda dan menjadi diri sendiri.
Hal yang sama juga berlaku di dunia Blogger. Blog yang kita miliki punya niche dan membahas topik yang berbeda dengan blog lainnya. Jika setiap Blogger punya integritas seperti ini, maka tidak akan terjadi yang disebut plagiat (alias konten diciplak).
  • Memadukan dengan keahlian atau menjadi 'spesialis'.
Dulu siapa yang menyangka seorang sinden seperti Soimah Pancawati bisa mepunyai Talk Show. Dengan kemampuan nyinden, menari tarian Jawa, dan menyanyi menjadikannya tampil sebagai artis pendatang baru yang unik di mata masyarakat.

Bahkan menurut saya Soimah bisa menjadi pelopor bagi generasi muda Indonesia untuk mencintai, melestarikan, dan bangga terhadap budaya asli Indonesia. Terutama karena penampilan Soimah di TV yang mengenakan kebaya.

Soimah_sinden_kebaya_modern
Soimah sinden dengan penampilan modern
Bahkan seorang mentalist seperti Deddy Corbuzier biasanya 'hanya' tampil mengisi acara ternyata juga bisa memandu sebuah Talk Show yang sekarang berusia 2 tahun. Sekarang "Hitam Putih" menambahkan segmen "The Magic Of Science" yang membuat sulap terlihat 'masuk akal'.

Deddy_Corbuzier_Merlin_Award_2010
Deddy Corbuzier
Melihat keberhasilan para host talk show ini telah mendorong saya untuk menggali ide-ide baru dan membuat konten yang unik dan menarik. Dan juga mengasah bakat dan hobby saya. Moga-moga bisa berkembang sejalan dengan kegiatan blogging.