Senin, 14 Mei 2012

Sup Saudara Vegetarian

Tiba-tiba saya ingin mencicipi masakan dari kampung halamanku yaitu Sup Saudara. Hmm.... sudah terbayang aromanya yang nikmat.

Sup Saudara di Makassar banyak dijual di warung pinggir jalan. Rasanya yang khas menjadikan masakan ini sebagai makanan khas kota Makassar setelah Coto Makassar. Resep aslinya menggunakan daging sapi yang dimasak hingga empuk kemudian dipotong dadu, bersama dengan kentang goreng, dan laksa.

Ok, ini dia bahan-bahan yang digunakan:
  • Air bekas cucian beras (optional, saya pakai air biasa)
  • Telur (optional, kalau vegan dihilangkan saja)
  • Kayu manis bubuk
  • Pala bubuk
  • Cengkeh
  • Ketumbar  bubuk
  • Jintan bubuk
  • Merica bubuk
  • Kunyit bubuk
  • Lengkuas
  • Sereh
  • Daun Salam (yang banyak)
  • Minyak untuk menumis
  • Kecap manis sebagai pewarna
Untuk resep ini memang 'sengaja' tidak dicantumkan jumlah bahannya, karena tergantung besar panci atau volume kuah yang ingin dimasak. Resep yang saya dapatkan pun tidak dicantumkan takarannya. Jadi saya mencoba resep ini beberapa kali, hingga menemukan takaran yang pas.

Jadi untuk awalnya gunakan bumbu bubuk masing-masing sebanyak satu sendok teh. Untuk cengkeh sebanyak satu sendok makan. Untuk ukuran panci yang saya gunakan sehari-hari (tampak foto, kurang lebih 5 liter), bumbu bubuknya digandakan.

Semua bumbu bubuk dicampur dalam satu mangkuk kecil untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan.

sup_saudara_bumbu_bubuk_dalam_mangkuk
Bumbu bubuk dicampur dalam mangkuk
sup_saudara_bumbu_daun_dan_bubuk
Semua bumbu yang digunakan dalam Sup Saudara
Saya menggunakan bumbu bubuk demi alasan kepraktisan. Lebih baik jika menggunakan bumbu segar.

Kemudian semua bumbu ditumis hingga harum.

Sup_Saudara_rempah_ditumis
Semua bumbu ditumis hingga harum
Tambahkan kecap manis, kemudian masukkan air dalam jumlah yang diinginkan. Lalu masak hingga mendidih, kemudian api dikecilkan dan didihkan lagi hingga 30 menit.

Tambahkan_kecap_dan_air_pada_Sup_Saudara
Tambahkan air, masak hingga mendidih.
Setelah mendidih, kuah disaring ke panci yang lebih kecil. Sisanya bisa disimpan di lemari es, untuk digunakan lain waktu.

Saya punya pengalaman mengunyah biji cengkeh yang rasanya agak pahit. Sejak itu timbul ide untuk menyaring kuahnya. Juga supaya tidak repot mengangkat satu per satu bumbu daunnya.

Menyaring_rempah_sup_saudara
Gak mau kan mengunyah biji cengkeh yang pahit, makanya kuahnya disaring.
Kemudian tambahkan bahan isi berupa tahu dan kentang  goreng, yang dipotong dadu sesuai selera. Lalu masak hingga mendidih, tambahkan laksa, garam, gula, penyedap rasa secukupnya.

Bahan_isi_sup_Saudara_Tahu_dan_kentang_goreng
Tahu dan kentang dipotong dadu yang digoreng sebagai pengganti daging sapi
Sup Saudara siap dihidangkan. Tahap terakhir taburi daun seledri dan bawang goreng. Hmmm..... yummy!

Sup_Saudara_Vegetarian_siap_dihidangkan
Sup Saudara siap disantap. Hmm.... yummy!
NB:
Kuah sisa bisa disimpan untuk lain waktu, cukup dididihkan dan tambahkan bahan isinya.

Ketika menyantap Sup Saudara yang nikmat, saya merasa bersyukur dan beruntung terlahir sebagai orang Indonesia. Karena wilayah Indonesia yang kaya akan rempah-rempah (alasan kita terjajah selama 3 abad), murah dan mudah diperoleh, dan menghasilkan ragam masakan yang nikmat. 

Dan sebagai Vegetarian saya tetap bisa makan enak. Pokoknya menu vegetarian tidak akan habis dieksplorasi, jika tahu mengkombinasikan, meramu bumbu, dan mengganti bahan daging dengan tahu atau tempe. Pada dasarnya saya juga masih belajar.

Jika anda punya pertanyaan atau ide tentang menu hari ini, silahkan tinggalkan di kotak komentar. Akan saya jawab sebaik mungkin.

Kalau ada kuis yang menanyakan; Sebutkan makanan khas kota Makassar! Jawabannya: Coto Makassar, Sop Konro, Sop Ubi, Otak-Otak, ... dan tidak lupa Sup Saudara. Bukan saudara yang dijadikan sup ya!!!