Jumat, 18 Mei 2012

My Beading Threads-Nylon Threads

Beading thread berikut yang saya pakai adalah benang nilon (Nylon Beading Threads). Tampilannya sangat berbeda dengan benang tasi yang lebih menyerupai benang 'plastik' bening, benang nilon lebih menyerupai benang jahit pada umumnya, hanya saja lebih kuat, tidak mudah diputuskan dengan tangan.

Saya mulai mengenal dan memakai benang nilon sejak akhir 2011. Dan sejak itu saya senang bereksplorasi mengunakan benang ini.

Merk benang yang saya gunakan: Bobby Nymo D, KO 300, SoNo 330. Semuanya bisa diperoleh di StudioManik.

Nymo D atau nama 'keren'nya Nymo nylon beading thread size D adalah adalah merk benang nilon asal Amerika. Saya sungguh kagum dengan ukurannya yang tipis tapi sangat kuat. Sangat cocok untuk project yang menggunakan seed bead (manik pasir) dengan segala ukuran.

Nymo_size_D_beading_thread
 Nymo size D
Bayangkan sebuah manik-manik yang sangat kecil (kurang lebih seukuran pasir) bisa dilalui benang ini beberapa kali untuk reinforcement.

Kekurangan Nymo D yang saya alami adalah tidak boleh sering melakukan koreksi, sebab benang bisa menjadi kusut, atau jarum bisa tersangkut pada serat benang.

Benang nilon berikutnya adalah SoNo 330 dan KO 300 adalah benang nylon merk asal Jepang. Tampilannya keduanya lebih sophisticated daripada Nymo D. Dan saya tidak perlu kuatir tersangkut serat benang, karena kedua benang ini terjalin sangat rapi. Sayang saya tidak punya kamera yang bisa menangkap detil pada jarak dekat.

SoNo_330_beading_thread
SoNo 330
KO_300_beading_thread
KO 300 dan SoNo 330 dirancang untuk beading project yang 'berat' yang berarti bisa menahan beban bead dan tidak membuat benang jadi molor seiring berjalannya waktu. Contoh project yang tepat adalah beading crochet

Meski begitu baik Nymo D maupun merk benang asal Jepang tetap mempunyai keunggulan masing-masing. Ibarat seorang Chef tidak cukup memiliki satu buah pisau sebagai satu-satunya peralatan di dapurnya.

Sebagai bead lover saya tetap enjoy beading dengan benang tasi, begitu juga dengan benang nylon. Semoga saya bisa terus berkreasi and do my passion.

Sumber / Spurces: