Selasa, 01 Mei 2012

Inspirasi Dari Dae Jang Geum

Dae_Jang_Geum_ 大_ 長_ 今
Dae Jang Geum 大 長 今
Dae Jang Geum selalu menjadi idola sekaligus sumber inspirasi sejak saya menonton serial Korea "Jewel In The Palace" atau dalam judul mandarinnya; 大 長 今. Sosoknya yang ulet, tangguh, dan pemberani sangat melekat dalam ingatanku hingga saat ini. Ketika menonton serial itu saya bertekat ingin memiliki karakter yang seperti itu.

Inspirasi seperti ini selalu saya rasakan dalam rutinitas harian seperti; memasak, mengurus rumah dan toko, mengurus suami dan anak-anakku, beading, dan blogging. Saya berusaha melakukan semuanya  dengan sepenuh hati, dan fokus pada detil untuk hasil yang maksimal.

Ketekunan Dae Jang Geum jelas terlihat jelas terlihat ketika membuat masakan untuk sang Raja. Dan ketika memutuskan akan belajar menjadi tabib istana. Walaupun banyak hambatan yang datang dari dalam dirinya maupun dari luar, tapi Dae Jang Geum tetap semangat dan melangkah maju.

Keberanian Dae Jang Geum dalam hal menentang jaman sunnguh luar biasa. Dalam sejarah Korea hanya dia satu-satunya wanita yang tercatat sebagai Tabib Kerajaan. Keberanian menentang zaman juga dimiliki oleh pahlawan Indonesia yaitu R.A. Kartini. Yang membedakan keduanya adalah hal yang diperjuangkan.

Dae_Jang_Geum_do_research
Sedang melakukan riset
Dae_Jang_Geum_water_testing
Mencicipi air
Dae_Jang_Geum_cure_rabbit
Merawat luka Kelinci
Dae_Jang_Geum_food_inspection
Sedang menginspeksi dapur Istana
Keberanian Dae Jang Geum yang lain adalah mencoba sesuatu yang baru, yang tidak lazim dan belum pernah dilakukan. Yaitu ketika dia mengajukan usul supaya sang Raja yang sedang sekarat mau dibedah sebagai jalan terakhir. Yang pada akhirnya ditolak oleh sang Raja demi keselamatan Dae Jang Geum. Oh.... so sweet!!!

Saya menjadikan keuletan Dae Jang Geum sebagai role model (panutan) ketika melakukan hobi beading. Saya tidak akan berhenti hingga mencapai hasil yang diharapkan. Meski itu berarti saya harus mengulang dari awal project yang sedang dikerjakan. (sigh)

Saya meniru keuletan dan ketelitian Dae Jang Geum ketika menyediakan menu makanan tiga kali sehari untuk keluarga tercinta, dan juga karyawan (makan siang). Sebagai Ibu Rumah Tangga yang vegetarian, saya harus senantiasa membekali diri dengan pengetahuan tentang ilmu gizi. Kan malu kalo sampai anak dan suami bergiliran sakit. Nanti orang-orang akan berkata;"Tuh kan, pasti karena vegetarian, makanya kurang gizi dan sakit-sakitan".

Tapi syukurlah berkat Tuhan, keluargaku senantiasa sehat dan jarang sakit. Tetapi sebagai manusia kita tidak luput dari; lahir, tua, sakit, dan mati. Tentu saja suami dan anak-anak bisa saja jatuh sakit, meski cuma sakit ringan seperti; Flu, dan yang terparah adalah radang tenggorokan.

Ketika menyediakan makanan saya memastikan semua orang terpenuhi gizinya. Saya sangat memperhatikan bahkan cerewet dalam hal kebersihan dapur, peralatan masak, dan bahan makanan. Cara memasak juga diperhatikan supaya gizi makanan tidak hilang atau rusak akibat proses memasak. Ini semua berkat Tuhan, Dae Jang Geum, dan Excalibur Dehydrator-ku. :)

Intinya setiap wanita harus punya karakter seperti Dae Jang Geum. Karena sudah menjadi kodrat wanita memelihara dan merawat keluarga. Dan yang tidak kalah penting adalah melahirkan dan mendidik generasi penerus khususnya anak perempuan supaya memiliki karakter seperti Dae Jang Geum.

Jadi jaman sekarang wanita jangan takut apalagi minder melahirkan anak perempuan. Karena dunia membutuhkan keduanya. Coba bayangin apa jadinya kalau kalau bumi kita hanya diisi laki-laki atau perempuan saja. So girls are matters too!!!