Kamis, 26 April 2012

Cara Menghitung Cukai

Sebelumnya saya tidak pernah tahu menahu dan tidak paham tentang bea cukai. Tapi sejak saya membeli Excalibur Dehydrator dari pabriknya di Sacramento, Amerika Serikat, barulah hal ini menjadi perhatianku.

Hal pertama yang saya cari tahu adalah definisi bea cukai dan bea masuk. Dan apa saja kriteria barang yang dikenakan cukai.

Pertama; definisi bea cukai adalah pungutan negara yang dikenakan terhadap barang kena cukai. Sedangkan definisi bea masuk adalah pungutan negara yang dikenakan terhadap barang impor.

Kedua; kriteria barang yang dikenakan bea cukai:
  1. etil alkohol (EA) atau etanol
  2. minuman yang mengandung etil alkohol (MMEA)
  3. hasil tembakau
Berhubung karena Excalibur Dehydrator-ku datang dalam paket kiriman pos, jadi dalam hal ini termasuk kategori kiriman dan paket yang dikenakan bea impor menurut situs resmi BeaCukai

Menurut situs BeaCukai: Setiap barang kiriman dengan nilai pabean paling banyak FOB USD 50,00 (lima puluh US Dollar) untuk setiap orang per kiriman, diberikan pembebasan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor.

Hal ini saya sudah buktikan ketika belanja (Maret 2012) di Wigjig, dengan total belanja plus ongkos kirim $46. Jadi saya tidak dikenakan bea masuk.

Tapi ketika membeli Excalibur Dehydrator (Februari 2011) saya tidak tahu bakal dicharge, atau dikenakan bea masuk. Kalau tahu mungkin saya tidak jadi beli. Kalau tidak jadi beli, saya tidak akan menggunakan Excalibur Dehydrator hari ini. Dan kalau tidak jadi beli, saya tidak akan tahu tentang kepabeanan dan  menulis di posting ini. Weleh weleh percaya atau tidak posting hari ini benar-benar sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa :).

Ketika itu Pak Pos yang biasa antar surat ke tempatku bertanya apa punya kiriman barang dari Amerika? Setelah saya mengiya-kan, Pak Pos berkata ada cukai yang harus dibayar sebelum barangnya bisa diambil.

Saya sempat kaget, dan tidak tahu menahu tentang cukai yang harus dibayar. Karena sebelumnya saya pernah membeli barang di e-Bay pun tidak pernah sekalipun membayar cukai, hanya harga barang dan ongkos kirim TITIK.

Istilah "Pengalaman pertama tak terlupakan" sungguh mengena pada hari itu. Meski kaget, tapi tidak bisa menghindar karena sudah merupakan hukum (kepabeanan) di negara kita jadi harus dipatuhi. Jumlahnya cukup mengejutkan, hampir Rp 1 juta, tepatnya Rp 901.884. Di bawah adalah bukti setoran cukai yang discan.

bukti_setoran_bea_masuk_excalibur_dehydrator
Bukti setoran cukai sewaktu mengeluarkan Excalibur Dehydrator dari kantor pos
Meski sudah saya cari-cari di situs BeaCukai tidak juga menemukan rumus menghitung cukai / bea masuk. Atau daftar barang dan persentase cukai yang dikenakan untuk setiap jenis barang. Malahan saya dapatnya dari situs lain (lihat: Sumber lain dari beberapa situs atau blog di akhir posting ini)

Karena saya masih penasaran dari mana dapat angka Rp 901.884 itu? Kan supaya konsumen lebih tahu pasti, dan tidak menjadi sasaran empuk petugas (Kepabeanan) yang memanfaatkan ketidak-tahuan masyarakat.

Pelajaran hari itu sangat membekas, dan menjadi pengetahuan yang berharga hingga hari ini. Karena bisa jadi esok-esok saya akan belanja dalam jumlah lebih besar, tapi pengalaman berikut akan menjadikan saya lebih cerdas, lebih aware dan risk calculated.
  
Sumber / Sources:
BeaCukai.go.id
INSW.go.id

Sumber lain dari beberapa situs atau blog:
Ahsan File
Blog Faizal Kamal
Indro Wicahyo
Kaskus