Minggu, 08 April 2012

Bubur Herbal Vegetarian

Hari minggu ini saya membuat menu bubur. Dalam bubur ini saya campurkan herbal chinese, supaya rasa, aroma, dan gizinya menyatu dalam bubur.

Herbal chinese yang saya gunakan mudah didapatkan di toko obat China (katakan saja herbal untuk sup ayam obat kepada penjualnya). Ramuan herbal ini sudah saya rebus sehari sebelumnya selama satu jam dengan api kecil. Lalu disaring dan kuahnya kemudian dicampurkan ke dalam bubur.

masak_bubur_rice_cooker"/
Memasak bubur anti repot dengan menggunakan Rice Cooker
Proses memasak bubur sangat simpel karena saya menggunakan rice cooker. Makanya anti repot karena tidak perlu diaduk, dan anti gosong. Nggak pernah dalam sejarah masak nasi pakai rice cooker jadinya gosong kan?

Hanya campurkan beras atau nasi sisa dan bahan lainnya, jangan lupa air yang banyak, garam, gula, dan sedikit penyedap. Kemudian ditinggalkan, dan satu jam kemudian bubur sudah siap.

bubur_chinese_herbal
Bubur herbal vegetarian siap disantap nyam.. nyam.. nyam
Benar-benar hidangan yang pas di hari Minggu; simpel dan bergizi. Tapi tidak setiap hari Minggu saya bikin bubur lho! Kadang diselingi dengan mi kuah, atau mi goreng. Tergantung selera suami dan anakku.

Ada tiga alasan saya suka membuat bubur; pertama karena simpel. Satu hidangan dengan isi dan gizi lengkap. Tidak seperti kalau memasak nasi harus ditemani dengan dua atau tiga macam lauk

Kedua membuat bubur sebagai cara untuk menghemat beras. Bayangkan dengan 150gr beras bisa membuat bubur untuk 6 orang.

Ketiga membuat bubur sebagai cara untuk membersihkan kulkas dari makanan sisa yang sudah tersimpan selama seminggu.

Tapi makanan sisa itu tidak saya campurkan ke dalam bubur, tapi dihidangkan tersendiri di luar bubur. Dan makanan sisa itu tidak perlu dipanasi lagi, cukup dicampurkan ke dalam bubur panas ketika hendak dimakan. Dan bubur itu sendiri sebenarnya sudah gurih, karena sudah dicampurkan bumbu yang lengkap.

Sebenarnya masih banyak variasi untuk membuat bubur. Hanya membutuhkan kreatifitas untuk mengolah makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarga. Jika ada ide yang bagus, boleh dong dishare!