Selasa, 14 Februari 2012

Hari Valentine 2012

Hari Kasih Sayang atau Valentine's Day biasanya dimaknai dengan mengekspresikan kasih sayang antara muda-mudi yang dimabuk cinta. Kasih Sayang yang jenis ini sering disalah artikan dengan sex di hari Valentine.

Jika tidak percaya, nonton saja berita di TV keesokan harinya. Pasti banyak berita tentang muda-mudi, atau pasangan yang tidak sah digrebek oleh petugas Satpol PP di hotel atau di mana saja, karena kedapatan sedang asyik bermesraan.

Yah.. budaya yang salah kaprah ini sering terjadi pada ABG setingkat SMP hingga Mahasiswa. Menurut saya makna hari Kasih Sayang ini harus lebih diperluas lagi, seperti yang saya lihat di TVOne (10 Februari), ketika ada beberapa orang yang membagikan permen berbentuk hati kepada pengguna jalan.

Aksi bagi-bagi permen bertujuan agar setiap penerima hendaknya (artinya secara suka rela) melakukan 3 kebaikan untuk sesamanya. Seorang Bapak yang penggagas ide ini ketika diwawancarai TVOne berkata; "Dengan aksi bagi-bagi permen ini semoga bangsa Indonesia lebih peduli pada sesamanya".

Saat itu timbul rasa salut pada Bapak itu. Inilah contoh 'merayakan hari Kasih Sayang' yang sebenarnya. Semoga lebih banyak orang yang peduli terhadap sesamanya tanpa harus terlebih dahulu diberi permen berbentuk hati.

Happy Valentine's Day everyone.