Rabu, 22 Februari 2012

Hadi Satu Tahun-Belajar Bicara

Saya benar-benar takjub dengan kemampuan Hadi berekspresi, khususnya berbicara. Di usianya yang pada hari ini tepat 1 tahun 1 bulan Hadi benar-benar berbicara, bukan sekedar ngoceh yang tidak bermakna.

Saya patut bersyukur pada Tuhan dan berlega hati, karena Hadi tidak seperti kakaknya yang mengalami speech delayed (keterlambatan bicara, yang seharusnya dimulai18 bulan). Hal itu juga salah satu faktor yang membuat saya 'malas' punya anak lagi.

Hadi bisa mengucapkan mama yang memang ditujukan padaku. Terlihat jelas dari ekspresi wajahnya ketika melihatku, ketika minta digendong, dan minta ASI. Tapi sering juga ditujukan pada Papanya. Sayang Hadi belum bisa membunyikan konsonan P (untuk mengucapkan Papa). Semoga tidak lama lagi  sudah bisa.

Satu hal lagi yang membuat saya yakin Hadi bisa berbicara adalah ketika minta makan atau melihat  makanan. Kata yang diucapkannya adalah am (diucapkan berulang-ulang). O... manisnya anakku sudah bisa bicara

Dan ada lagi kemampuan Hadi yang lain yaitu meniru. Hadi bisa meniru saya yang sedang mengepel (pipis Hadi di lantai), gaya orang yang sedang menelpon. Tapi yang berbahaya juga ditiru; seperti cara saya mengutik-utik kompor untuk dinyalakan. Saya harus berteriak untuk menunjukkan bahwa saya serius dan tidak bisa ditiru. Maaf ya Nak, Mama so bikin kaget.

Thank You God For Everything!!! Anakku sehat dan lincah, dan yang terpenting perkembangannya normal meski vegan sejak dalam kandungan. 

Target berikutnya adalah Toilet Training. Hadi harus bisa buang air besar dan kecil di tempatnya. Saya sudah pernah mencoba dengan mendudukkan Hadi di kloset, tapi dia tidak suka, meski sudah saya pancing dengan mainan. 

O PLEASE GOD, Help me with this one.