Sabtu, 14 Januari 2012

Ulang Tahun Pertama Hadi

Kalau menurut kalender masehi usia Hadi baru 11 bulan lebih 3 minggu. Tapi karena bakalan sibuk untuk persiapan Tahun Baru Imlek tanggal 23 nanti, maka kami memilih tanggal 18 (penanggalan Lunar) yang bertepatan tanggal 12 Januari sebagai ulang tahun pertama Hadi.

Bagi kami keturunan Chinese adalah hal biasa merayakan ulang tahun menurut penanggalan Lunar. So.. Happy Birthday My sweet little Boy!!! Tidak terasa sudah 1 tahun kamu hadir di dunia ini, dan mewarnai kehidupan kami.

Pada hari itu saya sibuk dengan ritual sembahyangan untuk mengucap syukur pada Tuhan dan para Leluhur. Kemudian keesokan harinya saya memasak dan membagikan mi kepada teman dan keluarga terdekat sebagai bagian dari tradisi jika ada yang berulangtahun. Saking sibuknya saya betul-betul lupa memegang kamera dan mengabadikan momen-momen penting di hari ulang tahun Hadi. Wah payah nih!!!!

Saya lebih mementingkan ritual untuk mengucap syukur dibandingkan kemeriahan pesta tiup lilin, karena saya sadar Hadi tidak dibesarkan dan dirawat semata-mata oleh saya dan suami saja, tapi dibantu oleh orang-orang yang kehadirannya diatur oleh Yang Maha Kuasa.

Sehingga  meski tanpa babysitter dan asisten yang tinggal di rumah, ditambah lagi kesibukan yang luar biasa di toko, kami masih mampu mengasuh Hadi hingga sekarang sudah berusia 1 tahun.

Semoga Hadi bisa mengerti ulang tahun pertamanya jauh dari kehebohan pesta dan acara tiup lilin. Saya tidak bermaksud pilih kasih jika suatu hari dia tahu bahwa ulang tahun kedua kakaknya pernah dirayakan dengan pesta dan tiup lilin. Tapi semua itu adalah bagian dari tradisi atau kebiasaan, yang belum mampu kami tinggalkan.

Tapi kali ini saya berani meninggalkan semua tradisi dan kebiasaan yang 'tidak penting', untuk merayakan ulang tahun Hadi dengan kesederhanaan tapi bermakna.

Doa seorang Ibu di hari ulang tahun anaknya jauh lebih bermakna daripada hiruk pikuk pesta yang meriah. Semoga anakku senantiasa dilindungi Tuhan Yang Maha Kuasa, dan dibimbing menjadi manusia yang berguna bagi keluarga, masyarakat, dan negara.

Selamat Ulang Tahun Sayangku!!!! Mama bangga padamu.