Senin, 02 Januari 2012

Belajar Dari Bumbu Dapur

Posting di hari kedua di 2012 ini saya ingin berbagi quotes (=kutipan,kata mutiara) yang lagi-lagi saya dapatkan dari BB, yang bagi saya sangat berkesan dan penting untuk menjadi refleksi diri di awal tahun 2012.
"Garam, micin, gula, kecap, saos, merica, dan bumbu lainnya punya sifat dan keistimewaannya sendiri. Tidak ada yang lebih unggul dari yang lainnya. Bahkan mereka saling membutuhkan untuk membuat masakan menjadi enak dalam kerjasama. Mereka saling melengkapi satu sama lainnya.

Begitu juga dengan manusia, jangan menganggap diri kita yang terhebat, orang lain lebih rendah kemampuannya. Sesungguhnya masing-masing dari kita pasti punya keistimewaan. Yang paling penting adalah hidup berdampingan dengan harmonis.

Dan kita juga butuh untuk saling melengkapi. Jangan bermusuhan hanya karena berbeda."
Kata-kata mutiara di atas jelas mencerminkan betapa manusia perlu diingatkan untuk hidup berdampingan dengan damai bersama sesama manusia dan alam.

Sering kita nonton berita tentang kerusuhan di TV karena mengeksplorasi alam demi kepentingan sebagian orang, dan menyisakan kerusakan dan tidak ikut merasakan manfaat bagi kelompok lainnya.

Demi kepentingan pribadi sering kita mengorbankan kenyamanan dan keselamatan orang banyak. Contohnya mengambil badan jalan atau trotoar untuk berjualan. Mohon maaf para pedagang kaki lima saya tidak bermaksud menyinggung keberadaan kalian, tapi sudah semestinya pemprov atau pemkot memikirkan cara yang aman untuk menyediakan sarana yang memadai bagi kalian.

Bumbu dapur sebagai anekdot sangat pas karena dekat dengan keseharian saya sebagai ibu rumah tangga. Dan tentu saja akrab bagi semua orang, karena siapa pun pasti mengenal garam dan gula sebagai bumbu dapur.

rak_bumbu_dapur
Ini dia rak bumbu di dapurku, sederhana dan fungsional
Jadi setiap kali melihat rak bumbu di dapur saya akan mengingat kutipan ini. Peace!