Selasa, 04 Oktober 2011

Inspirasi Dari Suze Orman

Salah satu expert yang pernah dihadirkan di Oprah show yang benar-benar berpihak pada kesejahteraan wanita adalah Suze Orman. Saya tidak pernah lupa seruannya; "Ladies, take control over your money!" yang diucapkannya dengan sangat tegas.
Suze Orman hadir di Oprah Show
Seruannya bukan tanpa alasan. Karena meski kita sudah memasuki abad 21, dan kebanyakan wanita modern mempunyai penghasilan sendiri, tetapi statistik membuktikan 75% penduduk miskin di dunia adalah wanita dan anak-anak.

Saya tidak menelan bulat-bulat semua kata-kata dari Suze Orman. Bagi saya nasehat yang diberikan mungkin ideal bagi wanita di Amerika, tapi belum tentu sesuai bagi wanita di Indonesia. Karena kultur di Indonesia yang masih memegang kuat tradisi patrialistik, di mana kaum lelaki lebih banyak berperan.

Perjanjian pranikah bisa dianggap tabu bagi sebagian orang. Tetapi bagi yang lain bisa dianggap sebagai backup plan, terutama untuk melindungi kaum wanita dan anak-anak.

Ya backup plan (=rencana cadangan), itulah yang yang saya pelajari  selama ini dari Suze Orman. Bahwa tidak selamanya hidup itu indah dan lancar. Bahwa banyak wanita dan anak-anak menjadi korban akibat ketidaktahuan when something goes wrong.

Dan bahwa  setiap gadis atau wanita single bisa mandiri secara financial tidak hanya menunggu Pangeran Tampan datang dan mengurus diri mereka. Karena banyak kasus perceraian terjadi akibat suami tidak bertanggung jawab secara financial, atau malah menghabiskan uang istri.

Satu hal yang selalu diucapkan bahkan menjadi semacam mantra oleh Suze Orman adalah Knowledge is Power. Pengetahuan untuk menggunakan uang sama pentingnya dengan mengetahui cara menghasilkan uang.

Berkat Suze Orman saya jadi tahu ada apa dibalik gemerlapnya kartu kredit Platinum. Dan saya mendidik diriku untuk tidak terlena apalagi sampai berutang kartu kredit. Syukurlah saya bukan tipe wanita yang berbelanja sampai lupa diri.

Untuk melengkapi pengetahuanku tentang dunia keuangan, saya membandingkannya dengan ahli keuangan yang juga pro terhadap kesejahteraan wanita yaitu Lois P. Frankel,PhD , yang menulis buku bagus "Nice Girls Don't Get Rich 75 Kesalahan Perempuan Dalam Mengelola Uang".

Bukunya bisa anda dapatkan di Toko buku Gramedia, atau toko buku terkenal lainnya. Inilah beberapa kutipan dari buku ini kesalahan yang sangat umum dilakukan para wanita:
Kesalahan #10 : Memilih untuk Tetap Buta Financial.
Kesalahan #14 : Mempercayai Orang yang salah
Kesalahan #20 : Membelanjakan Uang untuk Melipur Lara
Kesalahan #33 : Tidak Membuat Anggaran
Kesalahan #45 : Menabung, Bukan Berinvestasi, dll

Saya sarankan anda membeli buku "Nice Girls Don't Get Rich" dan browsing tentang Suze Orman untuk menambah pengetahuan. Semoga  para wanita bisa maju dan menjadi lebih sejahtera secara financial.

Sumber:
http://www.oprah.com/money/How-Do-I-Get-My-Family-to-Be-Financially-Independent
http://www.oprah.com/money/Financial-Independence-Money-and-Finances-Suze-Ormans-Advice
http://www.oprah.com/money/Suze-Ormans-Twelve-Steps-to-Wealth-Step-Four
http://www.oprah.com/money/Financial-Freedom-Suze-Ormans-Twelve-Steps-to-Wealth-Step
http://www.oprah.com/money/Suze-Ormans-Twelve-Steps-to-Wealth-Step-Seven
http://www.oprah.com/money/Recession-Money-Advice-Suze-Orman
http://www.oprah.com/money/Suze-Ormans-Advice-to-Plan-Your-Financial-Future
http://en.wikipedia.org/wiki/Suze_Orman
http://www.suzeorman.com/
http://www.oprah.com/oprahshow/Suze-Ormans-New-Book
http://bornpowerful.com/2010/11/suze-orman-from-broke-waitress-to-rich-powerful-adviser/
http://www.gramediaonline.com/
http://www.oprah.com/oprahshow/Suze-Ormans-Intervention-with-the-Octomom_1
http://www.drloisfrankel.com/