Senin, 31 Oktober 2011

Inspirasi Dari The Social Network

Saya berusaha menyempatkan waktu untuk menonton Film "Social Network", yang menceritakan tentang awalnya dibentuknya Facebook, situs jejaring sosial yang sangat terkenal saat ini.


Film ini disebut-sebut sebagai film masa kini (di tahun 2010), yang berhasil meraih Academy Award dan berbagai penghargaan lainnya. Film ini menggambarkan situasi ketika situs Facebook baru dibentuk hingga dikenal di seluruh dunia.

Siapapun di seluruh dunia yang bisa mengakses internet pasti mengenal situs Facebook, mulai dari anak SD hingga orang dewasa memiliki akun Facebook. Melalui Facebook semua orang bisa saling terhubung. 

Saya salut pada ide yang dimiliki pendirinya ketika membuat situs ini. Dan mungkin awalnya Mark Zuckerberg tidak akan menyangka bisa menjadi milyuner muda dan disebut-sebut sebagai Bill Gates berlkutnya.

Mark Zuckerberg_facebook_founder
Mark Zuckerberg pendiri situs Facebook
Dulu sebelum orang mengenal Facebook, orang ramai membicarakan situs YouTube. Dan seperti Facebook banyak orang menganggap ide dibentuknya situs YouTube (2005) sangat brilian, sehingga membuat ketiga pendirinya kaya raya dengan menjualnya kepada Google.

Hanya saja YouTube rupanya kalah pamor dengan Facebook. Buktinya, tidak ada film yang dibuat yang menceritakan tentang awal mula merintis situs YouTube ini. Tetapi saya yakin Facebook dibuat mengikuti jejak kesuksesan YouTube. Who knows beberapa tahun mendatang akan ada situs yang lebih hebat melebihi kedua situs ini.

Saya memiliki akun Facebook untuk sekedar ingin tahu seperti apa situs pertemanan ini. Dan mencari tahu apa kelebihannya dibandingkan situs sosial lain seperti Zorpia, Friendster, MySpace, Netlog, dll.

Hanya saja saya jarang mengupdate-nya. Karena saya tidak punya waktu untuk sekedar sibuk update status.

Terus terang sampai saat ini saya belum menemukan manfaat situs Facebook. Yang pasti saya memiliki akun Facebook karena kebanyakan keluargaku memilikinya, dan mereka menginginkan saya membuat akun Facebook supaya bisa terhubung dengan mereka.

Saya pernah sekali merasakan manfaat Facebook ketika ada yang ingin mengenal saya  dari YouTube dan situs lainnya. Dan Facebook adalah tempat yang nyaman untuk kami "bertemu".

Saya tidak peduli isi cerita film ini. Saya berharap dari film ini bisa mengungkap ide awal pembentukan situs sosial ini. Dan dari situ saya berharap bisa menemukan manfaat lebih dari situs Facebook.

Tapi mungkin karena otakku sedang tumpul, atau tidak konsentrasi saat menontonnya (maklum saya sedang mengurus bayi sambil nonton), saya belum juga temukan apa yang saya cari dari film ini. Apa saya harus nonton berkali-kali ya? Wah benar-benar payah ini!!!

Sumber:
http://www.youtube.com/watch?v=53OUHupfqws
http://www.imdb.com/title/tt1285016/
http://www.thesocialnetwork-movie.com/awards/#/home
http://blogs.indiewire.com/toddmccarthy/archives/review_the_social_network/
http://www.guardian.co.uk/technology/pda/2010/sep/28/facebook-film-social-network-zuckerberg
http://www.dailymail.co.uk/tvshowbiz/reviews/article-1320630/The-Social-Network--story-Facebook-founder-Mark-Zuckerberg--Citizen-Kane-internet-generation.html
http://www.msnbc.msn.com/id/15196982/ns/business-us_business/t/google-buys-youtube-billion/
http://news.bbc.co.uk/2/hi/business/6034577.stm