Sabtu, 08 Oktober 2011

Inspirasi Dari Peter Walsh

Saya baru tahu keahlian Organize itu mutlak diperlukan bagi setiap orang. Dan berkat Oprah Show saya mempelajarinya dari ahli yang terbaik yaitu Peter Walsh.

Peter Walsh
Peter Walsh Organizing Expert
Dari Peter Walsh saya terinspirasi untuk menata rumah  dan mengisi rumahku dengan perabotan yang minimalis dan multifungsi, dan sebisa mungkin tidak berbelanja secara kompulsif.

Saya juga membiasakan diri menata meja kerja, lemari pakaian, gudang, dll supaya selalu dalam keadaan rapi dan teratur. Untuk memudahkan dalam kegiatan sehari-hari, dan menghemat waktu ketika setiap saat mencari barang yang dibutuhkan.

Menurut Peter manusia mempunyai ikatan erat dengan lingkungan tempat tinggal dan tempat kerjanya. Bahkan Peter menyebutkan bahwa tempat tinggal mencerminkan kepribadian pemiliknya. Dan sebuah rumah seharusnya menyambut sang pemilik setelah seharian sibuk beraktifitas di luar rumah.

Dan sebuah tempat kerja (dalam hal ini adalah meja kerja jika anda bekerja di kantor) seharusnya mendukung kelancaran aktifitas sehari-hari. Setiap benda yang sering digunakan harus diletakkan dan ditata dengan rapi, sehingga mudah dicapai atau ditemukan jika hendak digunakan. Pada akhirnya anda akan menuai prestasi yang memuaskan.

Menurut Peter kondisi tempat tinggal atau meja kerja yang berantakan pastilah mempengaruhi kualitas hidup, seperti stress hingga depresi, dan masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat tidak lancarnya sirkulsi udara tempat manusia beraktifitas.

Saya sampai tidak percaya ketika menonton Oprah Show, yang menampilkan Peter sedang menangani sebuah keluarga dengan kebiasaan hoarding (menimbun benda). Perlu waktu berminggu-minggu untuk membersihkan seluruh rumah itu. Dan jika semua benda itu dikumpulkan bisa memenuhi sebuah gudang seluas 10.000 feet (berapa ya jika dikonversikan dalam meter?)

Saya tidak habis pikir bagaimana keluarga ini bisa hidup dalam kondisi seperti itu selama bertahun-tahun. Setiap jengkal dari rumah itu mulai kamar tidur utama hingga garasi dan basement  dipenuhi barang. Seolah sang pemilik rumah tidak pernah merasa cukup.

Wow menurut saya pemilik rumah itu pastilah punya masalah kejiwaan yang serius. Sedangkan saya bisa panik bahkan jengkel hanya karena tidak menemukan peralatan seperti gunting atau pisau, atau ada yang tidak menaruh baju kotor di tempat yang seharusnya.

Saya sangat suka tips-tips yang diberikan untuk meng-organize, sehingga membantu saya menciptakan rumah sekaligus tempat kerja yang nyaman bagi saya dan keluarga.

Saya telah mengumpulkan banyak link yang berhubungan dengan Peter Walsh. Semoga bermanfaat bagi anda untuk meng-organize atau menata lingkungan yang nyaman untuk tinggal dan beraktivitas.

Sumber:
http://www.oprah.com/oprahshow/Does-This-Clutter-Make-My-Butt-Look-Fat-by-Peter-Walsh
http://www.oprah.com/spirit/Peter-Walshs-Secrets-to-Cleaning-Up-Mess-and-Clutter
http://www.oprah.com/home/Its-All-Too-Much-by-Peter-Walsh
http://www.oprah.com/home/12-Ways-to-Unclutter-Your-Life
http://www.oprah.com/omagazine/Too-Busy-to-Live-How-to-Get-Your-Sanity-Back
http://www.oprah.com/home/Inside-a-Hoarders-Home
http://www.peterwalshdesign.com/media.php
http://www.oprah.com/world/Conscious-Consumption