Selasa, 18 Oktober 2011

Inspirasi Dari Julie And Julia

Perlu waktu lama bagi saya untuk menonton film "Julie And Julia", karena saya melewatkan beberapa kali ketika diputar di HBO. Kemudian yang membuat saya tertarik untuk menontonnya adalah ketika membaca sesuatu tentang Julia Child di Flirtyblog.

Akhirnya saya mulai tahu tentang Julia Child dan teringat ada film tentangnya yaitu "Julie And Julia". Dan saya pun menyempatkan waktu untuk menontonnya.

Di film itu menceritakan Julia Child yang bekerja sama dengan rekannya untuk menulis dan menerbitkan buku resep masakan Prancis. Beberapa kali buku itu diminta oleh untuk direvisi, bahkan ditolak oleh beberapa penerbit dengan berbagai alasan.



Ada suatu ketika Julia dan rekannya merasa putus asa dan ingin menyerah, tetapi Julia tetap teguh pada tujuannya yaitu menerbitkan buku resep masakan Prancis untuk keluarga Amerika yang tidak punya koki. Di situlah saya mendapat aha.. moment tentang pentingnya mempertahankan visi dan tujuan, meski sedang mengalami banyak hambatan. Perlu waktu bertahun-tahun hingga akhirnya ada penerbit yang mau menerbitkan buku itu.

Film ini juga menceritakan tentang Julie Powell seorang penulis yang terinspirasi untuk belajar masakan Prancis dari buku yang ditulis Julia Child. Julie bertekat untuk menguasai semua resep dalam dalam waktu setahun. Pengalaman belajarnya dituangkan dalam blog.

Dari situ cerita mulai bergulir, digambarkan bagaimana Julie merasa putus asa karena masakannya gagal atau hangus. Atau blognya yang tidak kunjung mendapat komentar, sehingga dia merasa telah menyia-nyiakan waktunya.

Kesamaan Julia Child dan Julie Powell adalah keduanya memiliki kemauan keras serta bertanggung jawab pada hal yang mereka kerjakan. Saya salut pada semangat Julie Powell yang konsisten untuk menulis di blognya meski sedang down karena masakannya gagal, atau karena bertengkar dengan suaminya.

Saya sangat mengagumi semangat Julie Powell sebagai blogger bahwa dia menulis di blognya untuk menginspirasi orang banyak, dan menolak untuk memasang PayPal, bahkan menolak untuk menulis konten asal-asalan meski sedang dikejar deadline (tenggat waktu).

Saya belajar tentang kemauan keras dan konsistensi dari dua figur di film "Julie And Julia" ini. Sebagai blogger yang masih pemula saya merasakan sulitnya untuk mempertahankan posting on schedule

Sejujurnya saya sering senewen karena tidak punya ide sedangkan deadline hampir tiba. Di saat itulah saya berkewajiban harus bisa menulis konten yang bagus dan bermutu sehingga worth to read, worth to comment, and worth to link.

Saya selalu bertanya-tanya adakah yang bisa saya lakukan sehingga punya sesuatu yang layak untuk dibagi dengan banyak orang melalui blog ini.

Let's see... Saya adalah vegetarian dengan multi selera. Saya menikmati bereksperimen membuat masakan ala Eropa dengan versi vegetarian, dan di lain hari masak dengan selera Nusantara.

Saya suka making jewelry. Saya juga suka nonton film, dan baca buku bagus. Di lain hari bisa tergila-gila untuk berkebun. I'm a woman with so much passion.  Makanya saya mempunyai blog yang multi niche.

Saya berharap punya semangat seperti Julie Powell, selalu konsisten dan menjaga integritas sehingga blog ini layak dibaca karena kontennya yang bermutu. Dan pada akhirnya bisa menginspirasi orang banyak. Sama seperti Julie Powell yang terinspirasi oleh Julia Child.

Sumber:
http://theflirtyguide.blogspot.com/2011/02/julia-child-veal-farm-and-food.html
http://yellow-scarf-movies101.blogspot.com/2010/10/day-1-julie-julia.html
http://www.nypost.com/p/pagesix/celebrity_photos/item_llXngIiX4wHGxIZre6F6sN?photo_num=3
http://en.wikipedia.org/wiki/Julie_%26_Julia
http://id.wikipedia.org/wiki/Julia_Child
http://id.wikipedia.org/wiki/Julie_Powell
http://jennacomm.blogspot.com/2009/12/julie-and-julia.html
http://www.imdb.com/title/tt1135503/
http://www.sonypictures.com/homevideo/julieandjulia/
http://www.youtube.com/watch?v=vjvJHsJD8ic