Kamis, 20 Oktober 2011

Inspirasi Dari J.K.Rowling

harry_potter_sorcerer"s_stone_book
Awalnya sulit bagi saya untuk mengerti tentang dunia sihir dan fenomena Harry Potter yang mendunia. Mungkin karena otak mungil saya menganalisanya dengan logika, makanya saya tidak pernah tertarik untuk membaca bukunya. Tapi saya selalu penasaran dengan sang penulis atau pencipta karakter Harry Potter.


Bahkan ketika filmnya beredar pun, kalau tidak salah judulnya Harry Potter And The Sorcerer's Stone, saya tidak bisa langsung menyukainya, karena suasana dalam film yang begitu gelap dan misterius. Mungkin begitulah seharusnya dunia sihir dalam benak setiap penggemarnya.

Tetapi ketika menonton wawancara Oprah dengan Joanne Kathleen Rowling, yang biasa dikenal J. K. Rowling, sang penulis buku, barulah saya mengerti bahwa dibutuhkan imajinasi untuk bisa memahami  fenomena Harry Potter.

JK Rowling_interview 2010_with _Oprah_Winfrey
Interview yang membuat saya terinspirasi.

Oprah_Winfrey_JK Rowling
Foto bersama dua wanita milyuner
Bahwa semua fenomena Harry Potter adalah buah dari imajinasi sang penulis. Sebelumnya belum pernah ada yang menggali ide tentang sekolah untuk penyihir, bagaimana kehidupan siswa di sekolah itu, apa yang mereka pelajari selama bersekolah, dsb.

kostum_hallowen_harry_potter
Kostum Harry Potter dalam perayaan Hallowen
Dan harus saya akui imajinasi JK Rowling memang unik, makanya buku dan filmnya bisa laris terjual. Ide tentang penyihir dan sekolah penyihir sangat berbeda dengan penulis cerita yang sudah terkenal di abad sebelumnya seperti Hans Christian Andersen dan Walt Disney, yang juga memakai karakter penyihir dalam cerita mereka.
JK Rowling_cast_Harry_Potter
JK Rowling bersama para pemeran film Harry Potter

harry_potter_chamber_secret_movie_poster

Harry_Potter_Prisoner_Azkaban_movie_poster

Dari wawancara dengan Oprah Winfrey saya tahu bahwa dulunya JK Rowling hidupnya pas-pasan dengan bekerja sebagai sekretaris bergaji kecil, sekaligus berperan sebagai orang tua tunggal dengan satu anak. Saya kagum dengan caranya menghidupkan imajinasi tentang penyihir dan menuangkan dalam tulisan di tengah kondisinya yang sulit selama bertahun-tahun.

Inspirasi yang saya dapatkan dari JK Rowling adalah segalanya bisa dan mungkin. Baginya suatu kemewahan yang luar biasa bisa duduk bersama keluarga dan berbicara tentang liburan, sedangkan banyak orang lain harus sibuk bekerja dan mencari nafkah.

Saya menemukan satu kesamaan JK Rowling dan Steve Jobs adalah mereka menjual mimpi. Seperti kutipan Steve Jobs; "Sell Dreams Not Products".

JK Rowling_successful_female_author JK Rowlings_harry_potter_book

Satu bukti bahwa jangan pernah menyepelekan yang namanya visi dan imajinasi. Dengan ide kreatif semua bisa berubah menjadi kesuksesan.

Sumber:
http://www.jkrowling.com/textonly/en/biography.cfm
http://id.wikipedia.org/wiki/J.K._Rowling
http://www.jkrowling.com/en/popupblocked.cfm
http://www.dailymail.co.uk/tvshowbiz/article-505148/JK-Rowling-drops-hints-possible-eighth-Harry-Potter-book.html
http://blog.syracuse.com/shelflife/2008/07/writers_born_this_day_rowling.html
http://motherjones.com/kevin-drum/2010/04/jk-rowlings-patriotism
http://entertainment.blogs.foxnews.com/2010/10/01/j-k-rowling-may-release-more-installments-in-harry-potter-series/
http://en.wikipedia.org/wiki/Harry_Potter
http://aydiyas.blogspot.com/2010/11/jk-rowling-harry-potter-and-sorcerers.html
http://www.boomtron.com/2011/07/j-k-rowling-busy-on-non-harry-potter-books-since-deathly-hallows/
http://www.snitchseeker.com/harry-potter-news/first-j-k-rowling-interview-photos-and-quotes-from-the-oprah-winfrey-show-76616/
http://www.womenforchange.info/2011/01/billionaire-chit-chat-oprah-jk/
http://www.famous-celebrity-news.com/harry-potter-author-jk-rowling-was-she-poor-before-she-started-writing-harry-potter/
http://www.harrypotterspage.com/2010/10/03/transcript-of-oprah-interview-with-j-k-rowling/
http://blog.prathambooks.org/2011/08/harry-potter-and-interactive-digital.html
http://www.oprah.com/oprahshow/The-Brilliant-Mind-Behind-Harry-Potter