Senin, 19 September 2011

Membuat Tempe Bubuk

Saya iseng-iseng mencoba mengawetkan tempe dengan Excalibur Dehydrator. Dan hasilnya tentu saja tempe kering. Tapi karena terlalu banyak makan tempat di kulkas, saya putuskan untuk menjadikannya tempe bubuk.

Tempe setelah dikeringkan dengan Excalibur Dehydrator
Tempe digiling menjadi bubuk
Setelah sekian lama tempe bubuk tersimpan di kulkas, tanpa tahu mau dibuat jadi apa. Tiba-tiba terpikir untuk menjadikannya pengental dalam masakan sekaligus menambah nutrisi.

Percobaan pertama saya adalah ketika mencampurkannya dalam Spagheti. Caranya adalah tempe bubuk dilarutkan dalam air secukupnya, biarkan beberapa saat. Lalu tambahkan pada masakan sesaat sebelum diangkat.

Larutan Tempe bubuk  sebagai pengental masakan sekaligus menambah nutrisi
Hasilnya adalah seperti Spagheti dengan taburan keju Parmesan (baca:parmezan). Terlihat lezat dan menggiurkan. Semula suami dan anakku tidak ada yang menyadari, hingga saya beritahu bahwa Spagheti diberi tambahan tempe bubuk. Dan mereka tidak merasakan keganjilan apapun, malahan menurut mereka terasa lebih enak. Oh... syukurlah!

Sekarang saya terus mencoba mengeksplorasi lebih banyak menggunakan tempe bubuk. Doakan saja supaya menghasilkan ide-ide yang baru. Dan akan saya sampaikan melalui posting berikutnya.