Kamis, 22 September 2011

Inspirasi Dari Oprah Winfrey

Tidak diragukan lagi Oprah Winfrey telah menyentuh jutaan orang termasuk saya melalui pekerjaan yang ditekuninya selama 25 tahun. Yang konon katanya selama 25 tahun tidak pernah seharipun absen. WOW, memang butuh tim yang hebat untuk mewujudkan semua itu.

Namun sayangnya kebersamaan yang indah ini harus berakhir sejak 25 Mei 2011, meski di Indonesia acara Oprah Winfrey Show masih bisa saya tonton di Metro TV setiap hari Sabtu dan Minggu.

Tapi spirit beliau terus mengikuti saya. Berkat newsletter dari Oprah.com yang tidak hentinya memberi inspirasi tentang making a difference in your own life, saya pun terinspirasi untuk berjuang menata hidupku.

Salah satu momen yang tak terlupakan ketika Oprah membagi hadiah 1 unit mobil kepada semua penonton di studio. Hingga teriakannya "Everybody gets a car!" menjadi kehebohan tersendiri di media Amerika, bahkan ada yang menjadikannya parodi. Ini dia link videonya: http://www.oprah.com/oprahshow/Oprahs-Entire-Audience-Are-Surprised-with-New-Cars-Video

Saya terinspirasi ketika Oprah menampilkan liputan tentang kecantikan yang dihimpun dari seluruh dunia. Kemudian ada liputan khusus oleh Lisa Ling, tentang obsesi para wanita untuk tampil cantik dengan operasi plastik. Oleh Lisa Ling digambarkan prosedur operasi plastik sama mudahnya seperti memesan makanan di restoran. Wow dunia memang semakin edan.

Yang menarik adalah ternyata kecantikan bisa dimaknai berbeda di masing-masing belahan dunia. Seperti kulit yang putih dan rambut hitam lurus sangat diminati di Jepang, wanita dengan leher yang jenjang terlihat cantik oleh suku Kayan di Birma dan suku Ndebele di Afrika. Wanita gemuk dengan banyak selulit terlihat menarik di Mauritania, sedangkan wanita montok dengan pinggang gitar sangat didambakan di Mexico, dll.

Lalu bagaimana makna kecantikan dari sudut pandang wanita Prancis, yang kita tahu pasti akan jauh berbeda, apalagi negara Prancis terkenal sebagai pusat mode dunia. Ini dia link videonya:
http://www.oprah.com/style/How-French-Women-Define-Beauty-Video

Wow...wow daripada buang-buang uang dan energi untuk urus penampilan, mendingan uangnya dipakai untuk investasi buat hari tua, atau untuk jalan-jalan keliling dunia. Berkat Oprah Show saya tidak lagi berfokus untuk tampil cantik. Sekarang saya mensyukuri apa yang sudah saya miliki, dan bangga menjadi diriku yang apa adanya.

Saya juga menyukai info kesehatan yang diberikan ketika Oprah menampilkan dr Mehmet Oz. Saya menyukai dr Oz ketika mengatakan; "Saya bisa saja memberi resep obat untuk dikonsumsi seumur hidup, tapi saya lebih menyarankan anda memperbaiki pola makan dan rajin berolahraga". 

Oh andai semua dokter baik dan jujur seperti dr Oz. Tidak perlu deh orang Indonesia ramai-ramai keluar negeri untuk berobat, kalau dokter yang baik dan berkualitas bisa didapatkan di dalam negeri.

Saya menyukai episode ketika dr Mehmet Oz menampilkan liputan tentang rahasia sehat dan panjang usia dari seluruh dunia. Tapi yang paling seru dan tak terlupakan ketika dr. Oz menelan kapsul yang berisi kamera untuk memberi gambaran tentang cara kerja sistem pencernaan

Ini dia video Oprah Show bersama dr. Oz yang merupakan episode favoritku:
Oprah Show secara tidak langsung turut mempromosikan Indonesia juga. Seperti ketika Oprah menyebut kopi Luwak yang merupakan produk Indonesia, sebagai kopi terenak sekaligus termahal sedunia. Saya tidak tahu yang mana duluan membuat kopi Luwak terkenal di dunia; apakah setelah Oprah Winfrey meminumnya di acaranya, atau film The Bucket List yang dibintangi Jack Nicholson dan Morgan Freeman, yang menampilkan karakter Jack Nicholson menjadikan kopi Luwak sebagai bagian dari bucket listnya.

Tapi saya tidak bisa lupa bagaimana ekspresi wajah Oprah ketika meminum kopi Luwak pertama kali. Mungkin terkejut dan sedikit jijik. But still kopi Luwak is the best and most expensive coffee in the world.

Juga ketika mewawancarai Elisabeth Gilbert, penulis buku Eat,Pray,Love. Wow rasanya bangga sekali pulau Bali disebut-sebut.

Belum lagi puluhan buku dan novel yang yang menjadi terkenal dan terangkat penjualannya karena dipilih Oprah dalam Book Clubnya. Dan masih banyak lagi item atau brand yang terangkat namamya berkat Oprah's Favorite Thing. Mungkin sudah ditakdirkan Oprah show membawa berkah bagi banyak orang.

Saya mendapat pelajaran dari kisah nyata yang ditampilkan dalam Oprah Show; misalnya seorang Ibu Rumah Tangga yang mempunyai perilaku hoarding (menimbun barang secara kompulsif) yang sangat mengganggu kualitas hidup. Karena tidak hentinya membeli dan menimbun barang secara terus menerus. Sehingga Oprah mengutus Peter Walsh, seorang Organizing expert  untuk memberi saran sekaligus terjun langsung menangani masalahnya.

Saya sampai ternganga ketika melihat bagaimana perilaku hoarding begitu  mengganggu dan mengerikan, karena seisi rumah hingga di kamar tidur penuh dengan barang. Dan si Ibu seolah tidak menyadari tindakannya. Saya tidak bisa membayangkan hidup dengan kondisi begitu, karena saya sangat cerewet soal kerapian.

Belum lagi ada kasus wanita yang hidup dengan banyak kucing. Juga ada yang hidup dalam rumah yang berantakan selama bertahun-tahun. Juga ada contoh keluarga yang hidup dalam kemewahan padahal punya utang kartu kredit yang luar biasa besar.

Saya juga suka acara yang menampilkan berbagai makeover; untuk gaya rambut, gaya berpakaian untuk berbagai usia dari 30an hingga 60an, gaya berpakaian sesuai bentuk tubuh, hingga menata rumah. Bahkan Oprah punya istilah sendiri yaitu Schlumpadinka, yang kira-kira berarti penampilan yang berantakan.

Karena sering menonton acara makeover di Oprah Show saya menerapkan tips yang saya dapatkan untuk berpenampilan yang baik, menata rumah, dan sebisa mungkin menjadi concious consumption dengan tidak sembarangan berbelanja.

Oprah Winfrey juga turut mempromosikan gaya hidup Vegan, dengan  menerima tantangan untuk menjadi Vegan selama satu minggu. Wah saya benar-benar berharap gaya hidup Vegan bisa bergema di seluruh dunia dengan adanya acara seperti ini.

So tidak diragukan lagi Oprah Show telah membuka wawasanku dengan memberi banyak informasi, sekaligus menyajikan beragam kisah nyata untuk memberi pencerahan kepada banyak orang. Saya berdoa untuk Oprah Winfrey bisa terus berkarya bagi dunia meski tidak lagi berdiri di atas panggung. Bravo to Miss Oprah!