Selasa, 20 September 2011

In Love With Tempe

Tempe makanan asli Indonesia
Saya betul-betul cinta mati pada tempe. Dan sangat bersyukur tempe adalah makanan asli Indonesia. Saya sampai geram lho ketika mendengar tempe dipatenkan oleh orang Jepang.

Tempe adalah makanan yang sangat bergizi, yang terkenal dan digemari hingga keluar negeri. Di sana Tempe dikenal dengan berbagai nama mulai dari Tempeh, fermented soy, dll. Bahkan ada sebuah buku berjudul " The Book of Tempeh"yang ditulis oleh William Shurtleff. Ia menyebut Tempe sebagai "A Super Soyfood from Indonesia". Hal ini dikarenakan tempe mempunyai manfaat luar biasa bagi kesehatan. 


Bahkan dalam Oprah Show bersama Dr.Oz pernah secara spesifik menyinggung khasiat Tempe yang luar biasa. Saya nggak habis pikir bagaimana caranya Tempe bisa dikenal di Amerika Serikat, mungkin ada pembuatnya yang hijrah ke sana!

Meski olahan kedele yang difermentasi juga dikenal di beberapa negara Asia seperti Miso yang berasal dari Jepang, juga ada Korea yang punya tradisi memfermentasikan kedele. Tapi tidak ada yang menyamai kandungan gizi Tempe dari Indonesia.

So sebagai penganut vegetarian saya sangat bangga mengkonsumsi Tempe. Dengan pengolahan yang tepat, kebutuhan protein, vitamin khususnya vitamin B12, enzym, kalsium, semuanya dapat terpenuhi dalam jumlah yang cukup. Bahkan melebihi kandungan gizi dari daging dengan berat yang sama.


Makanya jangan mau ketinggalan ayo makan tempe, dengan menghargai khasiat tempe, kita telah menjadikan tempe sebagai warisan budaya Indonesia .




  Credit For Images:
http://kir-31.blogspot.com/2009/11/asal-usul-tempe-khasiat-dan-manfaat.html
http://kesehatan.kompas.com/read/2009/10/06/13033343/lima.manfaat.tempe
http://www.jawaban.com/index.php/health/detail/id/66/news/070626140546/limit/0/
http://healthybodydaily.com/dr-oz-dr-andrew-weil/dr-oz-dr-weil-secrets-to-integrative-medicine-acetyl-l-carnitine-alpha-lipoic-acid-astragalus-ashwagandha
http://vegetarianinjapan.wordpress.com/
http://www.mykoreandiet.com/ingredients-for-korean-food/what-is-bean-paste-korean-bean-paste-doenjang.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Fermented_bean_paste
http://muhammadasfar.blogspot.com/2010/05/komposisi-gizi-tempe-kalahkan-daging.html