Rabu, 03 Agustus 2011

Merindukan Kota Luwuk Yang Bersih 3

Mungkin warga Luwuk perlu diberi insentif supaya mau menjaga keindahan dan kebersihan lingkungannya. Misalnya dengan mendirikan bank sampah di kota Luwuk.

Secara tak sengaja saya mendengar istilah ini di TV. Ide bank sampah rupanya patut dipertimbangkan sebagai upaya warga Luwuk menjaga kebersihan lingkungan,  sekaligus memperoleh uang tambahan, sehingga tidak ada lagi selokan yang tersumbat oleh sampah plastik.

Sama seperti pemerintah China berupaya menjaga kebersihan kotanya menjelang Olimpiade 2008, dengan menempatkan beberapa mesin daur ulang otomatis (recycling machine) di seluruh penjuru kota. Setiap orang yang membuang sampah botol minuman plastik maupun kaleng akan mendapat uang 1 sen atau setara Rp 132.

Mesin Daur Ulang di China, buang sampah dapat uang.
Dan saya yakin keberadaan bank sampah akan berdampak positif bagi warga Luwuk. Dampaknya akan langsung dirasakan jika lingkungan kita bersih, karena warga tidak lagi buang sampah sembarangan, dan memberi penghasilan tambahan bagi warganya.

Semoga ide saya bisa dipertimbangkan. Dan semoga kota Luwuk yang bersih dan indah tidak mustahil diwujudkan. Itulah gunanya blogging, Sharing Is Caring .

Credit For Images:
http://www.china.org.cn/living_in_china/life_in_pictures/2008-05/08/content_15113126.htm

http://50.6.194.16/layanan.php