Senin, 15 Agustus 2011

How I Start My Day

Setiap pagi saya memulai hari dengan jus buah dan jus sayur atau yang biasa saya sebut green smoothie. Sebisa mungkin saya menggunakan bahan lokal, supaya tetap segar untuk menjaga kandungan gizinya.

Kebiasaan ini tidak berubah meski sedang hamil dan saat ini sedang masa menyusui. Mungkin inilah salah satu faktor keberhasilan ASI Eksklusif, yaitu mempertahankan asupan gizi dengan benar.

Hari ini saya menggunakan buah Belimbing Bintang yang baru saya petik kemarin, pisang raja yang sudah matang, kurma (sebagai penambah rasa manis,optional), dan jeruk nipis 

membuat jus dengan belimbing bintang
Saya menggunakan Belimbing Bintang untuk membuat jus buah hari ini
sekeluarga minum jus buah setiap hari
Jus buah Belimbing Bintang siap diminum
Khusus mengenai jeruk nipis, saya menggunakan 20 biji jeruk diperas. Diencerkan dengan air matang, misalnya 20 biji jeruk nipis setelah diperas terkumpul sebanyak 500 ml, tambahkan air sebanyak 500 ml, diaduk rata, lalu dicetak dan dibekukan, untuk digunakan setiap saat.

perasan jeruk nipis siap setiap saat/></a></td></tr>
<tr><td class=Jeruk nipis peras siap digunakan setiap saat
Kemudian saya mempersiapkan bahan untuk green smoothie. Hari ini saya menggunakan caisim, buncis, wortel, timun, pisang raja (tak nampak dalam foto, ada di dasar mangkuk), dan kurma (tidak wajib, untuk penambah rasa manis bisa tambahkan pisang raja lebih banyak, atau timun untuk rasa lebih tawar).

bahan green smoothie
Mempersiapkan bahan Green Smoothie

kurma direndam air
Kurma sebagai penambah rasa manis

green smoothie setelah blender
Green Smoothie setelah diblender

green smoothie siap minum
Green Smoothie For A Day
Kemudian dilanjutkan dengan membuat sarapan pagi untuk suami dan bekal anakku di sekolah.

spaghetti ala chinese
Spaghetti Ala Chinese sebagai menu sarapan hari ini
Catatan: Hanya saya yang minum green smoothie, suami dan anakku belum bisa menerima kebiasaan menelan sayur mentah. Apa boleh buat semua hal yang baik harus melewati proses.