Jumat, 22 April 2011

Hari Bumi 2011

Posting hari ini untuk memperingati hari Bumi. Di berbagai kota besar di Indonesia memperingatinya dengan berbagai aksi sosial yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan dan menyelamatkan bumi.

Hari Bumi mulanya diperingati di Amerika Serikat pada tanggal 22 April 1970. Kemudian sejak 1990 hari Bumi jadi mendunia, diperingati lebih dari 175 negara dan upaya penyelamatan lingkungan menjadi isu penting di setiap negara.

Pada hari Bumi mestinya membuat kita sadar untuk mencintai dan merawat lingkungan kita. Dan harus saya akui kota luwuk masih jauh dari cantik. Coba ya kota Luwuk kita ini asri, tertata rapi, bersih seperti kota atau desa di Eropa sana. Karena kebanyakan kota atau desa di Indonesia selalu identik dengan kata kumuh, miskin, dan terbelakang.

Kebersihan selalu menjadi isu penting di mana-mana , tapi sayang kurang diperhatikan.  Hal ini pun terjadi  tepatnya di depan rumah, karena mendadak bisa jadi sungai akibat sampah yang menyumbat selokan. Hal ini sudah berlangsung lama, tidak peduli hari hujan atau tidak.

David De Rothschild dan Plastiki
Pada hari ini saya mendapat info sebuah situs yang sangat pas untuk masalah sampah. Ternyata sampah sangat .. sangat .. sekali lagi sangat memperihatinkan. Karena semua sampah kita berakhir di laut, menyebabkan banyak hewan laut seperti burung dan ikan mati akibat keracunan. Dan racun itu pun akan masuk ke tubuh jika kita mengkonsumsi hewan tersebut.

Silakan berkunjung di The Plastiki.com, karena banyak info mengejutkan yang bisa anda peroleh. Nama Plastiki diambil dari nama sebuah kapal yang dibangun oleh pemiliknya David de Rothschild dengan menggunakan sampah botol plastik.

Kapal Plastiki berlayar di samudra Pasifik untuk memunguti sampah yang terapung di sana. Kapal Plastiki dilengkapi solar panel dan alat komunikasi untuk menunaikan misi menyadarkan kita semua tentang jumlah sampah yang kita buang setiap hari, dan dampaknya terhadap ekosisitem laut.

Semoga hari Bumi ini menyadarkan kita semua pentingnya menjaga lingkungan dan mencintai Bumi kita. Karena anak cucu kita yang akan mewarisi Bumi ini. Semoga pada saatnya nanti Bumi ini tetap lestari dan masih layak huni.